Rendy Saputra: Kunci Sukses Membangun Bisnis

18
Rendy Saputra: Kunci Sukses Membangun Bisnis

Suaramuslim.net – Dunia bisnis telah sukses merebut hati generasi milenial. Banyak dari mereka bermimpi menjadi seorang pebisnis. Padahal, membangun bisnis tidaklah mudah. Karenanya, Rendy Saputra seorang Chief Executive Officer (CEO) dari Keke Busana membagikan kunci sukses membangun bisnis.

Secara terminologi, kata bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Dari definisi inilah yang menjadi daya tarik bagi para generasi milenial untuk berbisnis.

-Advertisement-

Sementara itu dipaparkan oleh Advess Bussiness Solution, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dan sistem bahwa ada empat syarat utama membangun bisnis. Empat syarat tersebut adalah bakat, ide, usaha dan mentor.

Adapun selain empat syarat tersebut, belajar dari kesuksesan seorang Rendy Saputra dari Keke Busana, ia membagikan kunci sukses untuk membangun bisnis. Mari kita simak ulasannya di bawah ini:

  1. Bangun Brand Bisnis

Brand suatu bisnis harus benar-benar diperhatikan dengan serius. Membangun brand dapat dimulai dengan membangun ikatan emosional pada produk yang ditawarkan. Misalnya, rekomendasi dari para pembeli, layanan dari bisnis Anda dapat membangun ikatan emosional.

  1. Bangun Filosofi Bisnis
Baca Juga :  Serukan Jihad Ekonomi, Muhammadiyah Gelar Pertemuan Saudagar

Filosofi pada suatu perusahaan dapat memberi dorongan agar produk yang ditawarkan semakin dikenal. Buatlah filosofi sederhana agar ini dapat memacu semua pihak untuk bersama mengembangkan bisnis Anda. Tanamkan filosofi, para pelanggan harus beli produk Anda, beli lagi produk Anda, dan semakin banyak membeli produk Anda.

  1. Gunakan Strategi Marketing yang Jitu

Membangun bisnis dibutuhkan banyak perjuangan serta pengorbanan. Mengenalkan pasar pada produk Anda diperlukan strategi marketing yang jitu. Buatlah orang-orang yang semula tidak tahu tentang produk Anda menjadi tahu. Buatlah orang-orang yang semula tak ingin produk Anda, menjadi ingin bahkan hingga membeli produk Anda.

  1. Manfaatkan Platform Online

Secara keputusan, selling memang terjadi secara offline. Sedangkan marketing dan branding secara online dapat lebih efektif karena, keramaian massa atau konsumen berkumpul pada platform online. Para calon pembeli bisa saja berkumpul di instagram, facebook, atau media sosial lainnya. Di sinilah strategi digital marketing diperlukan, untuk mengait konsumen dari platform online.

Membangun sebuah bisnis memang terkesan sukar. Tapi, jika dilakukan dengan etos berjuang yang baik, etos berdagang yang baik, dan etos belajar yang baik bukan tak mungkin bisnis Anda akan semakin berkembang.

Baca Juga :  Ini Sebab Mengapa Online Dipilih untuk Mengembangkan Bisnis

Di sisi lain, etos berjuang yang dimaksud adalah rasa berjuang dan mau berkorban untuk membangun sebuah bisnis. Kemudian, etos berdagang pada seorang pebisnis yaitu ketika ia mempunyai sense yang baik untuk membangun sebuah bisnis dari bidang mana saja. Membangun bisnis tak hanya dari satu bidang namun dari segala bidang.

Dan yang terakhir adalah etos untuk belajar. Etos belajar sangat diperlukan bagi seorang pebisnis. Ini untuk menunjang kapasitas seorang pebisnis. Misal dengan mengikuti seminar-seminar bisnis.

Dengan hal-hal tersebut, membangun bisnis yang Anda impikan bukanlah lagi sekadar impian. Dengan etos berbisnis yang baik, bisnis Anda akan semakin berkembang dan Anda akan semakin mumpuni dalam dunia bisnis.

Kontributor: Ilham Prahardani
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.