Resmi Ditutup, Forum Perdamaian Dunia Lahirkan Pesan Jakarta
Resmi Ditutup, Forum Perdamaian Dunia Lahirkan Pesan Jakarta (Foto: Suaramuslim.net)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Forum Perdamaian Dunia yang ke – 7 (The th7 World Peace Forum) yang telah berlangsung sejak 13 sd 16 Agustus 2018 di Jakarta, akhirnya resmi ditutup pada Kamis (16/8) siang.

Forum yang digagas oleh Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) itu beejalan lancar dan menghasilkan Pesan Jakarta (Jakarta Message), sebuah pesan perdamaian yang berlandaskan “jalan tengah untuk masyarakat dunia”

“Sesi demi sesi berjalan lancar kemarin dan terakhir tadi dibahas dan disepakati hasilnya berupa Pesan Jakarta,” kata UKP-DKAAP Prof. Din Syamsudin, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (16/08).

Jalan tengah sendiri menurut Din Syamsudin adalah konsep alternatif yang tidak terjebak pada ekstrimisitas kanan konservatif maupun kiri liberal.

Dalam pertemuan forum dunia ini menghadirkan seratus tokoh dari total 40 perwakilan negara. Bahkan, tokoh Israel Rabbi David Sholomo Rosen dan tokoh Palestina Mahmoed Al Habbas juga hadir.

Menurut Din, Pesan Jakarta berisi komitmen para peserta untuk merealisasikan jalan tengah dalam segala bidang kehidupan baik itu politik, sosial, ekonomi, budaya juga agama.

Baca Juga :  Menlu Minta WPF Terlibat Dalam Penyelesaian Masalah Global

Tetapi Pesan Jakarta belum dapat difiksasikan karena masih ada tambahan-tambahan dari para peserta.

“Karena ada beberapa saran, koreksi dari para peserta pada sesi terakhir. Ada tambahan tambahan yang masih dikerjakan,” pungkasnya.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Teguh Imami

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.