Rizal Ramli: Selain Korupsi, Miskin Inovasi dan Neoliberalisasi Hambat Ekonomi

Rizal Ramli: Selain Korupsi, Miskin Inovasi dan Neoliberalisasi Hambat Ekonomi

Rizal Ramli Selain Korupsi, Miskin Inovasi dan Neoliberalisasi Hambat Ekonomi

Jakarta (Suaramuslim.net) – Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli menolak jika ada anggapan bahwa yang memperlambat pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya masalah korupsi. Menurut Rizal, korupsi tidak bisa dijadikan faktor satu-satunya.

“Tapi ini (korupsi) hanya setengah kebenaran bukan semuanya,” Ujar Rizal Ramli pada Kamis (22/2) dalam diskusi Ekonomi yang diselenggarakan oleh Pergerakan Indonesia Maju di Jakarta.

Selain Korupsi, menurut Rizal Ramli ada dua lagi yang menjadi faktor kunci yang memperlambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Yang kedua bangsa kita kurang inovatif, kita pintar tapi tidak berani dan punya nyali untuk melakukan inovasi, ” tambah Rizal.

Adapun faktor ketiga menurut Rizal adalah terjebaknya Indonesia dalam penerapan ekonomi neoliberal, yang sudah dimulai sejak zaman Presiden Soeharto.

“Sejak zaman Pak Harto kita sudah neoliberal, kita dikasih pinjaman uang tapi ditukar dengan undang-undang libealisasi” ungkap Rizal Ramli.

“Air dan mineral kita di-liberalisasi menjadi privatisasi melalui undang-undang” tambahnya.

Rizal Ramli juga mengatakan bahwa sudah saatnya Indonesia pindah haluan dalam mengelola ekonomi di Negara Indonesia. Karena sudah banyak bukti bahwa pengelolaan ekonomi liberal gagal di negara-negara di dunia.

“Jangan lagi pakai itu, banyak kok model lain, udah terbukti gagal itu” pungkas Rizal ramli.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment