Saat Hadapi Pilihan Sulit, Mintalah Jawaban Melalui Shalat dan Doa Istikharah
Ilustrasi perempuan berdoa pada malam hari.

Suaramuslim.net – Seorang manusia dalam menjalankan tugasnya di dunia ini terkadang dihadapkan kepada banyak pilihan. Misalkan seseorang setelah lulus dari kuliah dengan prestasi yang baik, datanglah banyak tawaran dari berbagai perusahaan, karena semua perusahaan itu bagus, timbulah pertanyaan dalam hati, ‘perusahaan manakah gerangan yang lebih baik???’.

Seperti itu juga, seorang yang akan menikah, akan timbul pertanyaan dalam hati ‘Apakah calon yang saya pilih ini merupakan calon yang shalih/shalihah, dan apakah nanti rumah tangga akan berjalan dengan baik jika aku menikah dengannya??? padalah kita belum pernah berjumpa dan belum pernah kenal…’.

Dalam situasi seperti inilah, maka dianjurkan untuk melakukan shalat istikharah memohon petunjuk kepada Allah SWT, dan berdoa. Shalat istikharah adalah shalat sunah dalam meminta kemudahan dan petunjuk apabila seorang hamba dihadapkan pada dilema dan kebimbangan akan suatu pilihan yang sulit. Pilihan tersebut dapat berupa memilih jodoh, memilih pekerjaan, memilih tempat tinggal dan segala pilihan sulit yang memerlukan solusi.

Hukum mengerjakan shalat istikharah adalah sunah dan dikerjakan paling sedikit dua rakaat.

Baca Juga :  Istikharah dan Istisyarah, Salah Satu Atau Beriringan?

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

Artinya: “Ya Allah, aku beristikharah (meminta pilihan) dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon keutamaan-Mu. (HR Bukhari)

Doa Istikharah

Berikut ini doa istikharah sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah. Juga disertakan tulisan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Arti Doa Istikharah:

Baca Juga :  Menemukan Jodoh melalui Istikharah

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.”

Di antara tanda baiknya seorang muslim adalah dengan menyerahkan pilihan terbaik dalam kehidupannya kepada Allah. Salah satu caranya ialah dengan shalat istikharah dan berdoa.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.