Senator AS Pertimbangkan Menekan Myanmar untuk Pemulangan Rohingya
Setelah mengunjungi kamp-kamp Rohingya di Cox's Bazar yang menampung lebih dari 1,1 juta warga Myanmar yang dipindahkan secara paksa, Senator Negara Bagian New York berencana untuk meminta kolega federal mereka untuk lebih berupaya memastikan pemulangan kembali Rohingya yang berkelanjutan dari Bangladesh. (Foto: The Daily Star)

COX’S BAZAR (Suaramuslim.net) – Setelah mengunjungi kamp-kamp Rohingya di Cox’s Bazar yang menampung lebih dari 1,1 juta warga Myanmar yang dipindahkan secara paksa, Senator Negara Bagian New York berencana untuk meminta kolega federal mereka untuk lebih berupaya memastikan pemulangan kembali Rohingya yang berkelanjutan dari Bangladesh.

“Mudah-mudahan, kami akan berbicara dengan perwakilan federal kami untuk lebih terlibat dalam upaya menekan Myanmar sehingga orang-orang Rohingya dapat kembali (ke Myanmar),” kata Senator Negara Bagian New York Luis Sepulveda kepada BSS setelah mengakhiri kunjungan satu minggunya, seperti dikutip the daily star, Ahad (27/10).

Lima Senator Negara Kota New York, yang memberikan dukungan dan kerja sama yang kuat kepada diaspora Bangladesh di New York dalam berbagai hal, melakukan kunjungan selama seminggu di daerah itu sejak tanggal 20 hingga 26 Oktober untuk mengamati perkembangan besar-besaran di Bangladesh.

Dipimpin oleh Senator Luis, delegasi, yang terdiri dari empat Senator Negara Bagian lainnya – Leroy Comrie, James Skoufis, Kevin S Parker dan John C Liu – dan tiga anggota staf, mengadakan pertemuan dengan pejabat tinggi serta mengunjungi kamp-kamp Sylhet dan Rohingya di Cox’s Bazar.

Baca Juga :  Uni Eropa Sediakan Dana $2,2 Juta Segar untuk Rohingya

Luis mengamati bahwa semua negara besar di dunia, terutama negara-negara industri perlu memberi banyak tekanan pada Myanmar untuk menemukan solusi berkelanjutan untuk krisis Rohingya.

“Ada kurangnya tekanan internasional terhadap Myanmar dan juga kurangnya menyoroti insiden, yang terjadi pada Rohingya, sebelum dunia,” katanya.

Dia menekankan untuk melakukan upaya membuat orang global tahu apa yang terjadi pada Rohingya.

“Apa yang akan kami lakukan (setelah kunjungan kami di sini) untuk memberi tahu dunia tentang apa yang telah terjadi pada Rohingya dan apa yang dilakukan Bangladesh,” katanya.

Senator negara sangat memuji peran Bangladesh dalam memberikan dukungan kemanusiaan kepada Rohingya meskipun memiliki sumber daya yang terbatas.

“Ini adalah upaya besar yang dilakukan negara Bangladesh setiap hari untuk menyediakan tempat tinggal, makanan, dan perlindungan bagi hampir 1,2 juta orang (Rohingya). Kita harus bekerja mendapatkan solusi berkelanjutan untuk krisis,” katanya.

Senator Skoufis mengatakan banyak negara di dunia tidak bisa menunjukkan kemurahan hati ini dan membuat pengorbanan besar seperti yang dilakukan oleh komunitas Bangladesh untuk Rohingya.

Baca Juga :  Di Pertemuan OKI, Indonesia Singgung Masalah Rohingya

“Saya percaya, ini adalah cerminan dari rakyat Bangladesh dan niat baik mereka terhadap umat manusia,” katanya.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.