Ternyata, Sholat Dhuha Menguatkan Otot dan Menghilangkan Stress

Sholat dhuha

Suaramuslim.net – Ternyata, sholat dhuha, selain diyakini penyebab datangnya rezeki, juga sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit dimana jumlah rakaatnya antara 2 hingga 12 rakaat. Namun terkadang banyak diantara kita seringkali melewatkan sholat ini karena alasan padatnya aktifitas di pagi hari.

Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalat Dhuha itu shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena panas tempat berbaringnya.” (HR Muslim)

Buraidah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dalam badan manusia ada 360 persediaan, dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya.” Para sahabat bertanya, ”Siapa yang sanggup, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, ”Ludah dalam masjid yang dipendamnya atau sesuatu yang disingkirkannya dari jalan. Jika ia nggak mampu, maka dua rakaat Dhuha sudah mencukupinya” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Melakukan peregangan dalam tubuh kita setiap paginya sangat mutlak dilakukan sebelum memulai aktifitas atau rutinitas kita baik karyawan atau ibu rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaan rumah. Maka rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyinggungnya dalam bahasa yang santun “hak dari setiap persendian.”

Baca Juga :  Sedekah Persendian Melalui Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha Secara Medis

Dr. Ebrahim Kazim, seorang dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy, mengemukakan, “Repeated and regular movements of the body during prayers improve muscle tone and power, tendon strength, joint flexibility and the cardio-vascular reserve.” Gerak teratur dari shalat memperkuat otot dengan tendonnya, sendi serta berefek fantastis terhadap sistem kardiovaskular.

Itulah bentuk-bentuk peregangan serta permulaan dalam menghadapi tantangan. Berbeda dengan berolahraga, mungkin kita akan mendapatkan manfaat secara fisik saja, tetapi sholat dhuha selain mendapatkan manfaat secara rohani, kesehatan jasmani juga mendapatkan pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala sebagaimana firmannya,  “Wahai anak Adam, kerjakanlah shalat empat rakaat kepada-Ku pada permulaan siang, niscaya Aku akan memberi kecukupan kepadamu sampai akhir siang” (HR. At-Tirmidzi).

Manfaat selanjutnya, selain sebagai peregangan shalat dhuha juga bisa mencegah stres akibat rutinitas padat yang kita lakukan setiap harinya. Berdasarkan dari keterangan Dr. Ebrahim Kazim tentang shalat. “Simultaneously, tension is relieved in the mind due to the spiritual component, assisted by the secretion of enkephalins, endorphins, dynorphins and other.

Baca Juga :  Sinergi Si Kaya dan Si Papa

Ada ketegangan yang sirna sebab badan secara fisiologis mengeluarkan zat-zat seperti enkefalin dan endorfin. Zat ini sejenis morfin, termasuk opiat. Kedua zat tersebut di produksi secara alami dari tubuh kita. Maka itu akan memberikan efek yang positif yaitu memberi rasa bahagia, lega, tenang, rileks, secara alami. Menjadikan seseorang tampil lebih optimis, hangat, membahagiakan, serta seolah menebarkan aura ini kepada lingkungan di sekelilingnya.

Demikian adalah manfaat sholat dhuha jika dilihat dari sisi medis, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta memberikan kita semangat untuk tidak meninggalkan shalat dhuha ini. Keep istiqomah!

Kontributor: Yetty
Editor: Muhammad Nashir

2 COMMENTS

    • Terima kasih atas kunjungan Anda di website Suaramuslim.net . Silahkan membagikan artikel ini ke semua orang yang Anda kenal.
      Semoga dengan menebar kebaikan untuk orang lain, Anda juga akan mendapat kebermanfaatannya. Amiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.