Sumenep Dilanda Tiga Kali Gempa Pagi Ini

Sumenep Dilanda Tiga Kali Gempa Pagi Ini

Gempa Sumenep, foto: Dok. Istimewa

SUMENEP (Suaramuslim.net) – Kabupaten Sumenep Jawa Timur pagi ini dilanda tiga kali kejadian gempa bumi. Gempa pertama terjadi pada pukul 08.22 WIB dengan kekuatan 5,0 magnitudo.

Gempa kedua pada pukul 08.48 WIB dengan kekuatan lebih kecil yakni 3,0 magnitudo. Beberapa menit kemudian, setelah gempa kedua, disusul dengan gempa ketiga dengan kekuatan 3,6 magnitudo.

Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Sumenep, Usman Khalid dalam pernyataannya, Selasa (2/4/19) menjelaskan, dampak tiga kali gempa dirasakan di sejumlah daerah di Sumenep, terutama di wilayah tenggara, seperti Pulau Raas dan Pulau Sapudi. Selain Pulau Raas dan Sapudi, termasuk Singaraja, Denpasar, Situbondo dan Banyuwangi.

Menurut Usman, informasi sementara dari pihak kepolisian di Pulau Sapudi dan Raas, belum ada korban, baik korban jiwa ataupun kerusakan fisik bangunan milik warga.

“Saya imbau kepada masyarakat, agar jangan percaya informasi selain dari yang berwenang,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya meminta agar masyarakat tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang bisa membuat panik warga.

Peristiwa hari ini, merupakan gempa yang kedua kalinya. Gempa sebelumnya, terjadi pada Kamis (11/10/18) lalu. Lokasinya paling parah yakni Pulau Raas dan Pulau Sapudi. Dalam peristiwa itu, tiga korban meninggal dunia. Kekuatan gempa mencapai 6,4 magnitudo.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.