Reuni 212 Siap Digelar, Ini Temanya
Reuni Akbar Alumni 212 yang berlangsung di lapangan Monumen Nasional pada Sabtu (2/12)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Masyarakat Indonesia masih sangat antusias dan cenderung mendengarkan imbauan para ulama. Hal ini dibuktikan oleh survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilaksanakan pada 10-19 Oktober 2018. Di antara 1200 resonden yang tersebar di berbagai kota dengan total 85 persen yang beragama Islam, tokoh agama menjadi yang paling didengar imbauannya oleh responden.

Hal ini terlihat dari quesioner yang dibagikan oleh LSI yang menanyakan “Di antara profesi berikut, profesi manakah yang akan paling didengar imbauannya oleh Ibu/Bapak?” Dari tujuh kategori profesi seperti tokoh agama (ulama, pastor, biksu dll), politisi, pengamat, pengusaha, akademisi kampus, aktivis LSM dan artis terkenal, sebanyak 51,7 persen mengatakan mendengarkan imbauan ulama.

Sementara itu profesi politisi hanya mendapatkan 11 persen, diikuti oleh pengamat 4,5 persen, pengusaha 3,5 persen, akademisi kampus 1,8 persen, aktivis LSM 1,7 persen dan artis terkenal 1,1 persen.

“Tokoh agama adalah profesi yang paling didengar imbauannya oleh public,” tulis LSI Denny JA dalam temuan hasil surveinya yang dipaparkan, Rabu (14/11).

Baca Juga :  Penghitungan Surat Suara di PPLN Islamabad: PKS Urutan Pertama, Disusul PDIP dan Gerindra

Survei yang diberi judul “Ulama dan efek elektoralnya” itu menggunakan wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2.8 persen.

Sementara itu lima ulama yang paling didengarkan oleh para pemilih di Indonesia adalah, ustaz Abdul Somad, AA Gym, ustaz Arifin Ilham, ustaz Yusuf Mansur dan Juga Habib Rizieq.

“Lima ulama yang paling didengar imbauannya dan juga cukup dikenal adalah ustaz Abdul Somad, ustaz Arifin Ilham, ustaz Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (AA Gym), dan Habib Rizieq Shihab,” tulis kesimpulan survei LSI Denny JA.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.