Tadabbur Ayat Yaa Ayyuhannaas Surat Yunus 57
Ilustrasi seorang membaca Al Quran.

Suaramuslim.net – Tahukah kamu? Al Quran hadir menyeru semua umat manusia agar beriman kepada Allah. Ayat-ayat yang berisi seruan universal ini disebut juga ayat Yaa Ayyuhannaas karena diawali dengan kata tersebut. Edisi kali ini, kita akan tadabburi ayat ke 57 dari surat Yunus. Mari dibaca dengan penghayatan.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh (obat) bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

Kandungan Surat Yunus 57

1. Ayat ini adalah seruan untuk seluruh manusia tanpa pandang agama, suku, ras, warna kulit dan bangsa.

2. Allah mengajak seluruh makhluk-Nya untuk kembali kepada Al Quran.

3. Allah menyebutkan di antara sifat-sifat Al Quran yang indah dan sangat dibutuhkan oleh seluruh hamba-Nya.

4. Al Quran adalah mau’izah yaitu pemberi nasihat agar kita selalu melakukan amalan-amalan yang mendatangkan rida dan pahala dari Allah dan melarang kita dari seluruh amalan yang mendatangkan murka, kemarahan, kebencian dan azab-Nya.

5. Al Quran adalah syifaa yaitu obat penyembuh dari segala macam penyakit.

6. Penyakit yang paling berbahaya adalah penyakit syubhat (keragu-raguan) dan syahwat (hawa nafsu).

7. Penyakit syubhat disebabkan lemahnya iman dan kurangnya ilmu sehingga seseorang dipenuhi dengan keragu-raguan, kebimbangan, ketidakpastian, kebingungan, ketidakmantapan dan berbagai macam kekacauan dalam jiwanya.

8. Orang yang terkena penyakit syubhat tidak akan bisa istiqamah dan tidak mempunyai prinsip dalam kehidupannya.

9. Adapun penyakit syahwat timbul dari hawa nafsu dan keinginan untuk selalu memuaskannya sehingga seseorang tidak mau tunduk dan patuh kepada Allah, ia hanya ingin agar terpenuhi semua syahwatnya dan tidak lagi peduli terhadap perintah dan larangan Allah.

10. Apabila hati seseorang telah sehat dan sembuh dari penyakitnya maka seluruh anggota tubuhnya akan sehat pula, sebaliknya apabila hati seseorang telah sakit maka akan sakit pula seluruh anggota tubuhnya.

11. Al Quran juga obat penyembuh bagi penyakit badan.

12. Al Quran adalah hidayah yaitu memberikan ilmu dan memerintahkan agar kita mengamalkannya.

13. Al Quran menunjukkan jalan yang lurus agar kita melaluinya dan Al Quran mengajak kita untuk selalu membersihkan diri kita dari segala kotorannya.

14. Al Quran adalah rahmat yaitu apabila kita telah mengamalkan dan tunduk kepadanya maka rahmat Allah akan turun kepada kita dan kita pun mendapatkan kesuksesan, keuntungan, kebahagiaan, kesenangan dan kedamaian abadi di dunia dan di akhirat.

15. Kita pasti mendapatkan semua keutamaan Al Quran apabila kita beriman dengan keimanan yang benar sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Khadimul Qur’an/Pelayan Al-Qur’an
Abdullah Sholeh Hadrami

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.