Tadabbur Surat Al Baqarah Ayat 119
Ilustrasi Al Quran (Foto: Freepik)

Suaramuslim.net – Alhamdulillah kajian kita telah sampai di surat ke-2 Al-Baqarah ayat ke 119. Silakan Anda baca ayat ini secara berulang-ulang berserta terjemahnya dengan penghayatan sepenuh hati dan pikiran;

إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَا تُسْأَلُ عَنْ أَصْحَابِ الْجَحِيمِ

“Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungan jawab) tentang penghuni-penghuni neraka.”

-Advertisement-

Tadabbur Ayat

Mari sekarang kita masuk tafsir dan tadabbur ayat ini;

  1. Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dengan membawa kebenaran dari Allah yang jelas dan terang benderang.
  2. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus kepada kaum jahiliah penyembah berhala dengan membawa ilmu yang bermanfaat dan ajaran tauhid. Ini adalah bukti besar bahwa beliau adalah utusan Allah.
  3. Siapa saja yang mengenal sejarah hidup Nabi Muhammad dengan sempurna mulai dari kelahiran sampai wafat yang semuanya dihiasi akhlak mulia pasti yakin seyakin-yakinnya bahwa akhlak beliau adalah akhlak para Nabi utusan Allah yang sempurna.
  4. Ajaran kitab suci Al Quran yang sempurna adalah juga bukti nyata kebenaran Nabi Muhammad.
  5. Nabi Muhammad adalah pemberi kabar gembira bagi siapa saja yang taat kepada beliau dengan kebahagiaan dunia akhirat, dan pemberi peringatan bagi siapa saja yang mendurhakai beliau dengan kesengsaraan dan kebinasaan dunia akhirat.
  6. Tugas Nabi Muhammad adalah menyampaikan dan Allah yang memperhitungkan dan menetapkan hukuman bagi siapa saja yang ingkar lagi mendustakan.
  7. Sungguh bahagia orang yang mengikuti ajaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam secara total, dan sungguh rugi orang yang menentang ajaran beliau.
Baca Juga :  Surah Yunus Ayat 58; Berbahagialah!

Khadimul Quran/Pelayan Al Quran
Abdullah Sholeh Hadrami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.