Tafsir Surat Ath Thalaq : Janji Allah bagi Orang yang Bertakwa

69
Tafsir Surat Ath Thalaq : Janji Allah bagi Orang yang Bertakwa

Suaramuslim.net – Manusia diciptakan tidak lain hanya untuk bertakwa kepada Allah. Allah menjanjikan banyak kenikmatan bagi orang-orang yang bertakwa. Janji-janjiNya tercantum dalam surat Ath Thalaq.

Takwa menurut Imam An Nawawi adalah mentaati perintah dan laranganNya. Yang dimaksud olehnya adalah menjaga diri dari kemurkaan dan azab Allah subhanahu wa ta’ala. Oleh sebab itu, barangsiapa yang tidak menjaga dirinya dari perbuatan dosa maka ia bukanlah golongan orang yang bertakwa. Orang yang menceburkan diri dalam dosa adalah orang yang pantas mendapat azab dan murka Allah.

-Advertisement-

Sementara itu bagi orang-orang yang bertakwa, Allah menjanjikan kenikmatan-kenikmatan tersendiri. Kenikmatan yang dijanjikan-Nya terdapat dalam surat Ath Thalaq: 2-3 yang berbunyi, “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Karenanya, bertakwa kepada Allah sudah menjadi suatu keharusan untuk kebaikan hidup.

Jika mengupas dari surat tersebut setidaknya ada empat kenikmatan yang bisa didapat. Empat kenikmatan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Diberi Solusi
Baca Juga :  Tafsir Al Quran Bersama Prof.M. ROEM ROWI: Surat Ali Imran Ayat 21-22

Dalam hidup, tidak mungkin manusia tak mengalami hambatan. Hambatan yang mereka alami terkadang dapat membuat seolah dunia telah menghakimi dirinya. Berbeda halnya jika hal demikian dialami oleh seorang muslim. Seorang muslim yang baik dan bertakwa pada Allah akan berpegangan Al Quran sebagai pedoman hidup atas segala permasalahan.

Karena, hal tersebut sesuai dengan janji Allah yang dikutip dalam surat Ath Thalaq: 2 yang bunyinya, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar.”

  1. Datangnya Rezeki

Kehidupan manusia dimanapun ia berada, tak lepas dari campur tangan Allah subhanahu wa ta’ala. Segala kebaikan yang diterima oleh manusia adalah rezeki dari-Nya. Dan segala rezeki itu merupakan janji Allah yang tertuang dalam kitab-Nya.

Mengutip dalam surat Ath Thalaq: 3 yang berbunyi, “Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.”

  1. Dimudahkan Segala Urusan

Kesulitan dalam hidup kian mendera. Sebagai muslim yang bertakwa hanya kepada Allah, sudah seharusnya meyakini janji-Nya bahwa akan dimudahkan segala kesulitan dalam hidup.

Baca Juga :  Tafsir Surat Al Qalam Ayat 4 ini Mengenai Rasulullah

Hal demikian juga terdapat dalam surat Ath Thalaq: 4 berbunyi, “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam setiap urusannya.”

  1. Dihapus Dosa dan Diberi Pahala yang Berlipat

Setiap manusia lahir dengan dosa. Karena memang manusia bukanlah makhluk yang sempurna, ia akan sering lupa diri. Dosa-dosa yang terkumpul selama hidup bisa dihapuskan dan digantikan dengan pahala yang berlipat ganda.

Dikutip dari surat Ath Thalaq: 5 yang bunyinya, “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.”

Dengan empat kenikmatan tersebutlah seharusnya menjadi dasar bagi seorang muslim untuk terus bertakwa kepada Allah. Karena, Allah adalah sebaik-baik pembuat janji.

Kontributor: Ilham Prahardani
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here