Tak Perlu Facial, Buang Komedo Bandel Bisa dengan Minyak Zaitun   
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan untuk membersihkan komedo. (Foto: Vichyusa.com)

Suaramuslim.net – Pola makan kurang sehat, tidur tidak tercukupi, kotoran atau debu jalanan serta malasnya berolahraga sering kali menyebabkan masalah pada kulit. Komedo, satu dari sekian masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan. Komedo biasanya muncul di bagian hidung, area samping hidung, dan dagu.

Sebenarnya, menghilangkan komedo membandel bisa dilakukan sendiri tanpa perlu melakukan facial di klinik kecantikan. Kita hanya perlu minyak zaitun dan tambahan bahan alami lainnya. Selain lebih murah dan aman, kita tidak akan kesakitan karena proses pengangkatan komedo menggunakan alat seperti yang biasa dilakukan saat facial di salon kecantikan.

Scrubbing, cara ampuh menghilangkan komedo membandel. Proses scrubbing akan mengangkat set kulit mati sekaligus merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih bersih berseri, halus serta memperkecil pori-pori. Untuk membuat scrub penghilang komedo, kita memerlukan minyak zaitun dan gula. Caranya, cukup campurkan kedua bahan tersebut lalu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo sambil menggosoknya perlahan selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu, bilas wajah sampai benar-benar bersih. Untuk hasil optimal, rajinlah melakukan scrub. Misalnya 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum

Kedua, menghilangkan komedo dengan masker baby oil dan minyak zaitun. Baby oil biasa digunakan bayi untuk menjaga kelembapan serta kehalusan kulitnya. Begitu halnya minyak zaitun yang mengandung vitamin E dan antioksidan guna menyempurnakan proses peremajaan kulit. Nah, ternyata campuran keduanya juga ampuh membasmi komedo. Caranya, oleskan campuran kedua bahan itu pada bagian wajah yang berkomedo. Lakukan pijatan halus sambil menekan bagian wajah yang berkomedo dengan kapas steril. Setelah komedo terangkat, bersihkan wajah menggunakan air dingin.

Minyak zaitun dan garam

Bahan bumbu dapur ini ternyata juga ampuh digunakan untuk menghilangkan komedo bandel. Kandungan mineral dan vitamin pada garam dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, membersihkan debu penyumbat pori-pori sekaligus mengangkat sel kulit mati dan flek hitam bekas jerawat. Efek garam juga bisa membantu kinerja zaitun, yaitu mengikis bagian kulit terluar yang seringkali terkena debu dan kotoran saat di luar ruangan.

Buatlah masker dari minyak zaitun dan garam dengan perbandingan 2:1. Agar tidak melukai kulit wajah, kita bisa memilih garam yang teksturnya halus. Berikutnya, oleskan masker pada wajah sambil dipijat perlahan dan didiamkan selama beberapa saat. Setelah itu baru bersihkan wajah pakai air dingin. Perawatan menggunakan masker zaitun dan garam tidak hanya ampuh hilangkan komedo, tapi juga mengatas masalah jerawat, menghaluskan serta mengencangkan kulit.

Baca Juga :  6 Cara Mengusir Rasa Ngantuk Saat Puasa Ramadhan

Terakhir, perawatan praktis menghilangkan komedo selain minyak zaitun bisa menggunakan pasta gigi. Langkah awal, kita oleskan pasta gigi secukupnya ke area yang berkomedo. Setelah itu kita gosok perlahan menggunakan sikat gigi selama 5 hingga 10 menit. Terakhir, bilas wajah hingga bersih. Meski sangat sederhana, namun jika dilakukan secara berulang-ulang hasilnya komedo bandel hilang, dan wajah jadi halus gak bruntusan.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.