Aneka kue kering lebaran. Foto: tokopedia.com

Suaramuslim.net – Selain sebagai camilan sehari-hari, kue kering atau cookies biasanya jadi sajian yang wajib ada di meja ruang tamu rumah saat lebaran. Tekstur renyah dan rasanya yang nikmat sukses membuat kita terus-terusan melahapnya.

Tapi, beda lagi ketika kue kering yang kamu nikmati memiliki tekstur yang melempem dan tak renyah. Kue kering yang seharusnya bisa habis dalam waktu satu pekan, justru tak laku dan tergeletak begitu saja di dalam toples.

Ada berbagai cara untuk membuat kue keringmu tetap awet dan renyah. Mulai dari memperhatikan kondisi kuenya sebelum disimpan, memilih wadah yang tepat, sampai melakukan langkah darurat kalau kuenya udah telanjur melempem.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak tips berikut ini agar kue kering tetap renyah dan tahan lama.

1. Kalau kamu membuat kue kering sendiri, dinginkan dulu kuenya setelah matang

Membuat kue kering sendiri memang lebih murah daripada membeli di toko. Setelah kuemu matang dan diangkat dari oven, tunggu sejenak sampai dingin sebelum memasukkannya ke dalam toples. Kalau nggak begitu, uap panas dari kue bakal membuat toples lembap sehingga isinya cepat melempem. Gunakan baking rack supaya lebih cepat mendinginkan kuenya.

2. Simpan dalam toples kedap udara

Ketika menyimpan kue kering, disarankan agar menyimpannya di dalam toples yang berkualitas dan pastinya kedap udara. Toples kedap udara akan membantu kue kering yang kamu buat menjadi tetap renyah dengan menahan udara luar untuk masuk ke dalam toples.

Salah satu toples yang bisa kamu gunakan adalah toples dengan penutup karet yang bersifat hampa udara. Jangan lupa selalu menutup rapat kembali penutup toples, ya. Kamu juga bisa memasukan silica gel dalam kemasan yang bisa menjaga kelembapan dalam toples.

3. Pastikan wadah kering

Sebenarnya, ada satu hal penting yang perlu kamu lakukan sebelum menyimpan cookies ke dalam wadah, yaitu memastikan wadah kering. Jika kamu baru saja mencuci toples dengan air, jangan lupa untuk lap toples hingga benar benar kering. Ada baiknya menjemur sebentar toples yang akan digunakan di bawah terik matahari atau meniriskan dalam ruangan selama beberapa jam.

Jika kamu memasukkan kue kering langsung ke wadah yang masih lembap, maka kue akan mudah melempem dan jamur pun akan lebih mudah menempati toples.

4. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Walaupun kamu sudah menyimpan dengan benar, jangan sampai menaruhnya di tempat sembarangan. Simpanlah kue di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung dapat membuat kue semakin cepat melempem dan jamuran.

5. Lebih baik disimpan di dalam kulkas

Daripada bingung diletakkan di mana, simpan saja wadah kuemu di dalam kulkas. Hal ini dapat membuat kue bisa tetap kering dan awet. Bahkan, kue dapat bertahan hingga enam bulan jika kamu menyimpannya di dalam freezer.

6. Hindari menyimpan dalam wadah plastik

Biasanya orang-orang menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan ringan. Khusus untuk kue kering, jangan pernah coba menyimpannya di dalam wadah plastik, ya! Selain membuat kue kering kamu cepat melempem, bau alami dari wadah plastik juga bisa menghilangkan aroma pada kue kering.

7. Panaskan kembali dalam oven

Jika kue kering kamu sudah melempem, jangan khawatir, kamu bisa membuatnya renyah kembali dengan cara memanaskannya di dalam oven. Namun, pastikan suhu oven yang kamu gunakan berkisar 300 derajat Fahrenheit, dan simpan selama 5-10 menit, ya! Setelah jadi, dinginkan kue kering tersebut beberapa menit lalu kamu bisa menyantapnya kembali.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.