Tips Awetkan Daging Kurban Hingga Setahun

20
Tips Awetkan Daging Kurban Hingga Setahun

Suaramuslim.net – Perayaan Idul Adha telah berlewat, namun sebagian masyarakat masih memiliki stok sisa daging kurban di dalam lemari es-nya. Pastinya akan bosan jika harus memasak daging kurban berturut-turut, sehingga perlu selingan menu makanan agar anggota keluarga lain yang kebetulan tidak suka makan daging bisa merasakan masakan lain.

Seperti kita tahu bahwa daging dan jenis ikan lainnya mudah membusuk, sehingga perlu upaya pengawetan daging yang tepat agar bisa bertahan lama. Sebelum hadirnya terknologi pendingin, manusia mengawetkan daging sapi menggunakan garam. Bumbu dapur tersebut ampuh membuang air dari dalam daging sapi yang menyebabkan bertumbuhnya bakteri dan jamur.

-Advertisement-

Cara pengawetan daging dengan garam terbilang sederhana. Daging yang sudah dicuci bersih diolesi garam di seluruh bagiannya. Setelah itu daging digantungkan dalam ruangan bersuhu 15 °C selama kurang lebih tiga minggu. Meski terbilang prosesnya cukup mudah dan murah, pengawetan menggunakan garam tidak mampu bertahan lama. Untuk itu, diperlukan bantuan teknologi pendingin dari lemari es atau freezer.

Namun, sebelum menyimpan daging kurban ke dalam lemari es, pastikan kita tidak mencucinya terlebih dahulu. Sebab kuman-kuman dikhawatirkan dapat masuk dan menempel di pori-pori daging saat kita mencucinya dengan air keran. Mencuci daging bisa dilakukan ketika akan dimasak.

Baca Juga :  Aplikasi Matematika dan Rendemen dalam Penyembelihan Hewan Kurban (2)

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memasukkan daging kurban dalam freezer adalah tidak menyimpannya dalam ukuran besar. Ini akan menyulitkan ketika daging akan dimasak. Kita bisa memotongnya menjadi bagian lebih kecil lalu menaruhnya dalam kemasan plastik. Setelah dikemas, daging terlebih dahulu disimpan dalam rak kulkas bagian sejuk (fridge) selama kurang lebih 4- 5 jam, kemudian dipindahkan ke bagian freezer.

Jika hendak dimasak, kita bisa rendam daging dengan air keran bersuhu normal. Kemudian tunggu hingga daging yang membeku menjadi cair dan lunak. Tidak disarankan untuk mencairkan daging beku menggunakan air panas, karena akan merusak kualitas daging. Jika dilakukan dengan benar, pengawetan daging menggunakan teknologi freezer bisa bertahan lama hingga satu tahun.

Kontributor: Siti Aisah
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here