Tips Belanja Sepatu Online

Tips Belanja Sepatu Online

Biar gak Kecewa, Kenali Dulu Tips Belanja Sepatu Online
Ilustrasi Sepatu. (Ils: Ana Fantofani/Siswi SMK Muhammadiyah 2 Surabaya)

Suaramuslim.net – Belanja online sudah menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat di berbagai dunia, tak terkecuali di negara berkembang seperti Indonesia. Kebiasaan baru ini salah satunya dipicu oleh munculnya perusahaan-perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang teknologi.

Saat ini, orang-orang tak perlu repot harus mengunjungi pusat perbelanjaan, toko, atau pasar, hanya untuk belanja kebutuhan sandang. Kita tinggal duduk manis di hadapan laptop, atau ‘cari dan klik’ aneka barang kebutuhan melalui ponsel pintar.

Salah satu barang atau produk yang banyak diburu oleh masyarakat Indonesia berkaitan dengan fesyen, seperti baju, sepatu, dan aksesoris. Sayangnya, tidak semua merasakan pengalaman baik saat berbelanja online. Salah satu produk yang sering bermasalah ketika harus dibeli secara online yaitu sepatu.

Beberapa masalah yang dialami pembeli seperti ukuran sepatu yang tidak sesuai, bahannya tidak sesuai dengan gambar yang dipajang, sol sepatu yang mengecewakan, bahkan ada juga kasus penipuan. Agar kita tidak kecewa beli sepatu online, ada baiknya kita perlu perhatikan beberapa hal berikut ini:

Pastikan ukuran kaki

Bila Anda termasuk orang yang sudah sering membeli produk fashion, pasti tahu ada label pengukuran yang biasanya tertera dalam keterangan produk. Standar ukuran sepatu yang digunakan biasanya disesuaikan dengan beberapa negara. Bagi mereka yang baru pertama kali mencoba, perhatikan label ukuran, misal untuk Eropa (EU) dan Amerika (US).

Mengapa kita perlu mengetahui standar ukuran kaki dari kedua negara tersebut? Jawabannya karena seringkali beda brand akan berbeda pula ukuran dan patokannya. Misalnya, jika ukuran kakimu untuk brand A adalah 40, namun di brand B justru berukuran 41. Ukuran kaki di sneakers bisa berbeda pada jenis sepatu yang lebih resmi. Hal ini juga harus diingat bila kamu cenderung membeli sepatu dari brand tertentu saja.

Setelah memahami standar ukuran dari kedua negara, selanjutnya kita harus mengukur ukuran kaki dengan template yang disedikan oleh toko online. Carilah informasi mengenai petunjuk pengukuran kaki di bagian deskripsi atau di FAQ e-commerce.

Jika tidak ada, jangan ragu untuk menanyakannya terlebih dahulu ke pihak CS. Biasanya, kamu harus berdiri di atas kertas putih dengan posisi tegak dan tumit yang merapat ke tembok. Mintalah orang lain untuk menggambar bentuk telapak kaki. Kemudian ukur secara manual panjang kaki mulai ujung hinga tumit.

Cek kredibilitas toko sepatu online

Berbelanja melalui online pada dasarnya sangat mengandalkan kepercayaan. Namun ada baiknya, sebagai pembeli cerdas, kita tidak asal membeli, melainkan diteliti dahulu tentang kredibilitasnya.

Cara terbaiknya, kita bisa melihat testimoni atau ulasan pelanggan lain yang sudah belanja terlebih dahulu ke toko online tujuan kita. Jika toko sepatu online tersebut menyertakan alamat media sosialnya, kita bisa leluasa mencari tahu kometar warganet di setiap postingan.

Cara lain, kamu bisa mengandalkan mesin pencari google untuk mencari tahu daftar toko online terpercaya. Jika toko sepatu online yang akan kita tuju itu cukup popular, pasti akan banyak diulas oleh portal berita, blog pribadi, dan lainnya.

Ketersediaan fasilitas pengembalian/return barang

Kebanyakan toko sepatu online tidak menerapkan sistem pengembalian sepatu apa pun kondisinya. Pengusaha sepatu lokal, terutama yang memang memproduksi sendiri semuanya, meminimalisasi kerugian dengan cara ini.

Namun tidak menutup kemungkinan jika kamu membeli di toko sepatu yang menjual dalam jumlah grosiran atau sepatu jadi. Kamu harus tahu secara seksama masalah ini agar tidak menyesal. Lihat ketentuan dan jika masih kurang jelas, tanyakan kepada pihak pelayanan toko online.

Jika pada akhirnya kamu salah membeli barang, pastikan membaca dulu prosedur penukaran barang. Ini karena ada beberapa portal yang membebankan biaya penukaran atau pengiriman kembali barang yang sudah dibeli, dengan jangka waktu tertentu (misalnya 30 hari). Hal yang paling penting adalah menyimpan struk pembayaran atau bukti pembayaran lainnya jika sewaktu-waktu diperlukan.

Pertimbangkan waktu pembelian

Bila kamu berniat membeli sepatu secara online untuk dipergunakan dalam acara spesial, seperti menghadiri pesta pernikahan teman, sebaiknya membelinya jauh-jauh hari. Ini untuk menghindari jadwal pengiriman yang meleset atau adanya cacat barang, sehingga harus dikembalikan.

Pengiriman barang dari toko online ke pelanggan kadang lebih dari tiga hari. Semakin bagus reputasi portal belanja, biasanya waktu pengirimannya semakin cepat. Tapi, perhatikan juga apakah waktu pengiriman yang cepat ini dikenai biaya tambahan atau tidak.

Kontributor: Siti Aisah*
Editor: Oki Aryono

*Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Unair

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.