tips minyak goreng, minyak goreng sehat, minyak goreng bening

Suaramuslim.net – Saat memasak, tak dapat dipungkiri minyak goreng menjadi salah satu bahan utama yang digunakan. Minyak memang menjadi salah satu sumber lemak bagi tubuh, sehingga jika salah memilihnya dapat mengakibatkan dampak negatif pada tubuh, misalnya saja resiko penyakit kronis yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, kita harus selektif dalam memilihnya.

Lantas bagaimanakah memilih minyak goreng yang sehat?

Warna Minyak Goreng

Dikutip dari vemaledotcom, Mulina Wijaya, Deputy Marketing Manager menjelaskan bahwa cara termudah membedakan minyak yang baik adalah dengan melihat warnanya, yakni berwarna bening. Warna minyak yang mulai berubah menjadi salah satu tanda bahwa minyak mengalami kerusakan/oksidasi.

Tingkat Kekentalan Minyak

Minyak yang baik ditandai dengan tingkat kekentalan yang menyerupai air (lebih encer). Minyak yang lebih encer membuat minyak yang menempel di makanan lebih sedikit. Secara otomatis, lebih sedikit juga minyak yang terkonsumsi.

Tidak Mudah Beku

Ciri-ciri lainnya yang dapat dilihat yaitu tidak mudah beku. Hal ini berarti minyak tersebut mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit.

Rasa Minyak Goreng

Dikutip dari vemaledotcom, Mulina saat ditemui dalam talk show di Jakarta beberapa waktu yang lalu mengatakan, “Supaya lebih yakin, buktikan saja dengan tes organoleptic, yaitu dengan cara mengecap sejumlah minyak (kira-kira 1 sendok), jika tanpa ada rasa atau rasanya seperti air, itu adalah salah satu juga tanda minyak goreng yang baik.”

Oleh karena itu hendaklah Mitra Muslim berhati-hati dalam memilih minyak untuk keluarga. Pilihlah yang aman dan sehat dikonsumsi. Hindari pula penggunaan secara berulang agak makanan yang Anda konsumsi tetap menyehatkan.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.