Home Headline Tips Memilih Sepeda Lipat dengan Kualitas Terbaik

Tips Memilih Sepeda Lipat dengan Kualitas Terbaik

0
Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Akhir-akhir ini sepeda lipat mulai kembali naik daun. Banyak komunitas gowes yang menggunakan sepeda lipat. Sepeda lipat ini merupakan sepeda yang bisa kamu lipat dan mudah untuk di bawa kemana—mana. Dari masing-masing produk sepeda lipat memiliki karakteristik tersendiri. Nah, artikel kali ini dilansir dari gowesgo.co akan membahas mengenai jenis sepeda dan apa saja yang perlu kamu perhatikan.

Ada banyak merk sepeda lipat kualitas terbaik yang tersedia di pasaran dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara memilih sepeda lipat yang cocok untuk kamu? Pastinya selain mempertimbangkan harga dan juga budged yang kita punya, ada beberapa tips bagaimana memilih sepeda lipat terbaik khusus untuk kamu.

Pilih ukuran roda yang pas

Ternyata sepeda lipat memiliki ukuran roda yang berbeda-beda antara 16 – 20 inchi. Bisa dikatakan bahwa sepeda lipat memiliki ukuran roda yang lebih kecil dibandingkan dengan sepeda konvensional/biasa lainnya. Tak lain tujuan pemasangan roda berukuran kecil adalah agar bisa lebih mudah dilipat dan dibawa kemana saja. Karena memang sepeda ini memiliki rancangan yang portable.

Ukuran roda terkecil yaitu 16 inchi menawarkan kemudahan membawa sepeda lipat kemanapun, sedangkan ukuran 20 inchi mungkin akan lebih sulit dilipat dan memakan lebih banyak tempat saat dibawa bepergian. Namun roda 20 inchi adalah pilihan yang tepat bagi Kamu yang mengutamakan kenyamanan saat bersepeda dibandingkan dengan body compact saat dibawa berpergian.

Baca Juga :  Sehat Nggak Harus Mahal, Ini Nih Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Bagi Kamu yang kurang puas dengan ukuran ban kecil, Kamu bisa membeli sepeda lipat dengan ukuran roda antara 24 – 26 inchi. Sepeda dengan roda besar ini mungkin akan lebih sulit dilipat, namun Kamu akan bisa merasakan kenyamanan yang lebih baik saat bersepeda.

Kenyamanan

Sebenarnya sepeda jenis lipat sama nyamannya dengan sepeda biasa. Namun banyak orang yang masih ragu untuk membelinya. Jika begitu, Kamu bisa mencari review sepeda lipat merk apa yang nyaman digunakan. Kamu bisa dengan mudah menemukan review-review mengenai merk sepeda lipat di internet atau forum-forum pecinta sepeda.

Hal-hal teknis

Hal-hal teknis ini maksudnya seperti jenis material yang digunakan untuk bahan sepeda lipat. Kamu wajib mempertimbangkan dan paham jenis material apa yang digunakan sebagai rangka sepeda. Jangan sampai Kamu membeli sepeda lipat dengan material langka yang tidak awet, mudah bengkok, berkarat, dan masalah-masalah lainnya.

Mungkin memang jenis sepeda ini akan menggunakan jenis material yang berkualitas, misalnya saja stainless steel dan juga alumunium. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, namun akan sebanding dengan kualitasnya. Pertimbangkan untuk membeli sepeda lipat dengan harga yang lebih mahal namun berkualitas dibandingkan dengan yang murah tapi mudah rusak.

Baca Juga :  Yuk Intip, Rahasia Wajah Tetap Cantik dan Segar Meski Fisik Lelah dan Kurang Tidur

Pertimbangkan merk sepeda

Berbeda merk beda pula kualitas sepeda lipat yang akan Kamu beli. Karena itu Kamu sebaiknya mempertimbangkan membeli sepeda dari merk yang sudah terpercaya daripada kecewa. Lebih baik membeli sepeda lipat dengan harga yang paling murah dari sebuah vendor kenamaan daripada membeli sepeda mahal dari merk yang belum jelas kualitasnya.

Pilihlah sesuai kebutuhan kamu

Kamu pasti akan membeli sepeda lipat untuk kebutuhan tertentu, misalnya saja untuk alat transportasi sehat ke kantor atau kampus, olahraga di akhir pekan, atau untuk menekuni hobi. Apakah sepeda akan digunakan setiap hari atau hanya sesekali di akhir pekan misalnya. Tentunya Kamu harus menyesuaikan pemilihan kualitas sepeda dengan kebutuhan itu.

Perhatikan berat sepeda

Masing-masing produk sepeda merk tertentu memiliki berat yang berbeda antara 10-20 kg. Semakin berat sepedanya, tentu akan semakin sulit untuk dibawa dan dilipat. Jika Kamu akan sering melipat dan membawa sepeda ini bepergian dengan kendaraan, sebaiknya Kamu memilih sepeda lipat dengan berat sekitar 10kg saja agar lebih mudah.

Baca Juga :  Tips agar Wedang Jahe Terasa Nikmat

Periksa metode lipatan

Bagi Kamu yang masih awam, sepeda lipat ternyata memiliki metode lipatan yang berbeda tergantung tipe dan merknya. Lipatan yang paling umum adalah pada bagian pegangan dan juga badannya. Namun ada juga sepeda yang hanya bisa dilipat bagian pegangannya saja sehingga harus disimpan secara vertikal.

Memang semakin banyak bagian sepeda yang bisa dilipat, akan semakin memudahkannya untuk disimpan dan dibawa bepergian. Namun Kamu juga harus tau bahwa semakin banyak lipatan maka sepeda akan semakin kurang stabil dan berbahaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.