Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet dan Tahan Lama Selama Masa Karantina #DiRumahAja

Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet dan Tahan Lama Selama Masa Karantina #DiRumahAja

Sayur mayur dalam box. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net -Penyebaran virus corona di Indonesia semakin mengkhawatirkan. berdasarkan data per 23 Maret 2020, terdapat 893 kasus infeksi yang tercatat dengan pasien meninggal sebanyak 78 orang serta 35 orang sembuh.

Pemerintah telah memberi imbauan kepada masyarakat untuk #DiRumahAja, melakukan karantina mandiri demi memutus rantai penyebaran virus, termasuk bekerja, sekolah dan kegiatan-kegiatan lain.

Karena kita semua harus mengkarantina diri sendiri dan tidak boleh bepergian keluar, kita harus membeli stok makanan banyak. Termasuk sayur-sayuran dan keperluan masak yang lain.

Nah, agar makanan yang kita jadikan stok awet dan tahan lama, berikut tips agar tidak cepat membusuk.

1. Bumbu dapur

Bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu lainnya memang tak mudah busuk jika kamu menyimpannya di tempat kering. Tapi, serangga cukup mengganggu, bukan? Mulai sekarang simpan bumbu dapurmu di toples kaca.

2. Jangan simpan kentang, bawang, dan tomat di dalam kulkas

Biasanya, lemari pendingin digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama. Suhunya yang rendah dapat memperlambat tumbuhnya bakteri pada makanan. Tapi, tidak semua bahan makanan dapat bertahan lama di dalam kulkas.

Beberapa di antaranya adalah kentang, bawang, dan tomat. Bahan makanan itu akan lebih tahan lama jika kamu menyimpannya di tempat yang kering dengan suhu ruangan yang tidak terlalu dingin.

3. Jika ingin membeli pisang, belilah yang masih mentah dan simpan di atas meja makan

Sebagai buah-buahan yang lezat sekaligus menyehatkan, pisang cocok sebagai makanan pencuci mulut. Buah ini juga bisa diolah menjadi makanan-makanan lain. Agar lebih tahan lama lebih baik beli pisang yang masih mentah dan simpan di meja makan. Jika sudah mulai matang, pindahkan pisang di dalam kulkas.

4. Suhu paling baik untuk mengawetkan makanan di dalam kulkas adalah 4 derajat celcius

Bagi kamu yang belum tahu, menyimpan bahan makanan dalam kulkas itu nggak sembarangan lho. Untuk menghindari pembusukan yang cepat, atur kulkas di angka 4 derajat celcius. Suhu tersebut akan membantu buah dan sayuran tetap segar.

5. Almunium foil efektif untuk menjaga kesegaran seledri, kubis, dan daging

Seledri dan kubis adalah sayuran yang sering digunakan untuk membuat sup. Agar kesegarannya tetap terjaga, lapisi saledri dan kubis dengan alumunium foil sebelum dimasukan ke dalam kulkas.

Daging adalah bahan makanan yang cukup penting. Banyak olahan daging yang dapat bertahan lama. Gizi yang terkandung dalam daging juga penting bagi tubuh. Untuk membuat daging dapat bertahan lama dan tetap segar, kamu bisa membungkusnya dengan alumunium foil sebelum disimpan dalam pendingin.

6. Simpan selada, wortel, dan brokoli dalam kantong kertas kering secara terpisah

Sayuran seperti wortel, brokoli dan selada cukup sensitif dan cepat membusuk jika disatukan dengan sayuran lain. Alangkah lebih baik sebelum memasukannya di dalam kulkas, gunakan kantong kertas untuk memisahkan tiga sayuran tersebut.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.