Tips Merawat Binatang Peliharaan

Tips Merawat Binatang Peliharaan

Suaramuslim.net – Memiliki hewan peliharaan tentu menyenangkan. Namun jika salah perawatan, tentu saja akan mengganggu pemiliknya. Baik dari segi kebersihan, kesehatan dan seterusnya. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat mempunyai binatang peliharaan.

Rutin Memberi Makan dan Minum

Setiap hewan peliharaan membutuhkan asupan makanan dan minuman yang cukup untuk bisa terus bertahan hidup dan juga membutuhkan gizi yang baik untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuhnya. Memberi makan dan minum sembarangan akan berdampak buruk pada hewan kesayangan.

Memberi makan pun tak hanya melihat aspek kuantitas, namun juga kualitas. Seringnya berdiskusi dengan ahli atau para senior yang lebih banyak mengetahui dan berpengalaman, tentu saja akan menambah pengetahuan dan menghindarkan  hal-hal yang tidak diinginkan pada hewan kesayangan.

Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan

Menjaga kebersihan binatang peliharaan agar tidak dipenuhi kuman, tentu saja juga akan menjaga kesehatan kita secara tidak langsung. Untuk hewan tertentu mungkin tidak perlu dimandikan atau dibersihkan seperti ikan, serangga, keong, dan lain-lain. Mandikan secara rutin hewan yang kita pelihara agar bersih dari kuman penyakit.

Baca Juga :  Kata Maaf untuk Anakku
Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan Kandang

Binatang peliharaan tertentu membutuhkan kandang yang baik untuk bisa hidup dengan baik. Misalnya seperti aquarium untuk ikan hias, kolam untuk ikan koi, sangkar untuk burung, kandang untuk ayam, istal untuk kuda, dan lain sebagainya.

Membersihkan kandang, meski tidak menyenangkan, harus tetap dilakukan. Hal itu dilakukan agar binatang kesayangan tidak ditumbuhi kuman-kuman penyakit. Membersihkan dan merawat tempat tinggal hewan piaraan secara rutin menghindarkan dari risiko terkena penyakit atau stress karena kandang yang kotor.

Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin Penyakit

Hewan yang sakit harus segera diobati. Jika perlu Anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang memadai. Namun, sebagai pemilik hewan, sebaiknya kita mengetahui tahu cara mengobati agar kita bisa melakukan tindakan-tindakan pengobatan  yang harus segera dilakukan, agar tidak terlambat penangannya.

Untuk hewan-hewan tertentu diperlukan pemberian imunisasi atau vaksin penyakit tertentu agar terhindar dari infeksi penyakit-penyakit berbahaya.

Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang

Memberi perhatian serta rasa cinta yang cukup terutama untuk mamalia (hewan menyusui) seperti kucing, anjing, kelinci, hamster, dan lain-lain ternyata sangat diperlukan. Untuk mamalia dan hewan lain tertentu juga perlu untuk diajak main dan berinteraksi sesuai dengan jenis binatangnya. Dibutuhkan pengetahuan yang cukup dalam memberikan perhatian dan kasih sayang kepada binatang peliharaan. Dengan begitu sangat disarankan untuk menguasainya terlebih dahulu sebelum memelihara hewan peliharaan.

Baca Juga :  Belajar Berakhlak Spesial dari Rasul

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.