Warna-Warna Ini Mampu Munculkan Aura Positif di Rumah, Bye-Bye Stres

Warna-Warna Ini Mampu Munculkan Aura Positif di Rumah, Bye-Bye Stres

Desain interior ruang tamu. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Tuntutan pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya kerap membuat banyak orang mengalami stres. 

Dikutip dari Halodoc, stres merupakan reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Rasa stres yang berkepanjangan akan memberikan dampak buruk untuk diri kita dan bisa terbawa saat kamu tiba di rumah. Ada harapan, stres dapat hilang kala menenangkan diri di rumah. Untuk itu, kita perlu mencari cara jitu untuk mengusir rasa stres yang menumpuk.

Pengaruh warna

Melansir dari blog.spacestock.com, warna merupakan salah satu bahasa jiwa. Melihat warna bisa memengaruhi psikologi, emosi bahkan juga tubuh secara fisik. Menurut penelitian, warna bisa memengaruhi persepsi seseorang, dan mendorong interaksi yang tidak dimiliki bahasa.

Warna sudah umum digunakan sebagai terapi untuk mengatasi masalah kesehatan, baik kesehatan mental maupun fisik. Termasuk masalah stres. Beberapa warna diketahui memiliki efek pendinginan atau menenangkan yang dapat meredakan kecemasan dan menghilangkan stres.

Warna bisa memengaruhi mood seseorang dengan cara yang unik. Berdasarkan berbagai sumber, berikut beberapa warna penghilang stres yang cocok sekali kamu pilih:

1. Lavender

Warna ungu dari tanaman lavender sangat nyaman dipandang. Warna yang kalem ini membuat pikiran lebih rileks, sehingga sangat cocok diterapkan sebagai cat di dinding rumah. Selama ini, tanaman lavender memang dikenal sebagai peredam stres. Buktinya, minyak dari bunga lavender dijadikan salah satu wewangian untuk membuat tubuh menjadi rileks.

2. Abu-abu

Warna abu-abu yang lembut juga sangat ampuh meredakan stres. Ada beberapa jenis warna abu-abu yang bisa kamu pilih sesuai ukuran ruangan. Jika ruangannya luas, sebaiknya pakai warna abu-abu yang gelap. Sementara untuk ruangan sempit pakailah cat dengan warna abu-abu yang terang untuk membuat ilusi agar terlihat lebih luas.

3. Merah muda

Warna merah muda atau pink sering dikaitkan dengan sifat feminim atau kewanitaan. Warna lembut ini memang memberikan kesan menenangkan, dan menciptakan suasana bersahaja.

Ruangan bayi di rumah sakit sering mengaplikasikan warna ini pada dinding kamarnya. Namun warna ini juga cantik untuk diaplikasikan pada berbagai jenis ruangan, termasuk kamar tidurmu.

Mengaplikasikan warna merah muda dalam rumah, bisa menyeimbangkan energi dan menimbulkan perasaan damai. Rasanya seperti berada di oasis yang tenang, yang memberikan efek ketenangan dan kedamaian.

4. Putih

Warna yang mampu mengatasi stres selanjutnya adalah warna putih. Di Indonesia, penggunaan warna putih dalam bangunan sudah lumrah dilakukan. Warna putih dikenal sebagai lambang dari kejelasan dan kesegaran.

Warna putih bisa dimanfaatkan untuk manajemen stres yang benar. Stres pun bisa hilang dan pikiran lebih rileks. 

5. Biru

Warna biru identik dengan suasana damai seperti di laut. Ketika kita dihadapkan dengan suasana yang nyaman, tenang seperti di laut, kita pun akan jadi lebih rileks. Itulah mengapa warna biru dikenal efektik untuk meredakan stres yang melanda. 

Selain mampu menenangkan, ternyata warna biru langit juga bisa mendorong kreativitas pada otak. Imajinasi dan inspirasi bisa lebih mudah kamu dapatkan deh. 

Kamu bisa menggunakan warna biru pada dinding kamar tidur atau meletakkan barang bernuansa biru untuk membantu memberikan ketenangan. Pilihlah warna biru netral untuk merasakan suasana yang nyaman. 

6. Hijau

Hijau melambangkan warna alam. Sama seperti sensasi yang timbul ketika melihat alam; melihat warna hijau juga akan memberikan efek menenangkan dan menyegarkan pikiran. Warna hijau memberi kesan indah dan menghibur, juga menciptakan perasaan harmonis.

Warna hijau mampu meredakan kecemasan dan membantu menghilangkan stress. Dari semua jenis warna hijau, warna hijau krem dan hijau kuning pucat merupakan jenis warna hijau yang paling ampuh dalam meredakan stres.

Warna hijau juga diyakini menstimulasi chakra jantung. Dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kondisi demam, penyakit flu dan maag, memperkuat sistem imun, meningkatkan visualisasi, dan membentuk otot, tulang, serta sel tubuh.

Mengaplikasikan warna hijau pada dinding ruang, atau memasang dekorasi bernuansa hijau alami pada ruang kerja, kamar tidur, atau bagian rumahmu akan membantu kamu dalam melakukan manajemen stres.

7. Jingga

Warna jingga juga dikenal mampu meredakan perasaan stres dan tertekan. Menurut ilmu psikologis, warna jingga ampuh menghilangkan stres, menstimulasi kreativitas dan antusiasme.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment