Yuk! Konsumsi Infused Water Saat Berbuka dan Sahur
Lemon infused water.

Suaramuslim.net – Pernahkah kamu meminum air infus ketika sahur dan berbuka puasa? Kalau belum pernah, kenapa tidak mencobanya. Infused water merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral dan sejumlah potongan buah. Sebelum diminum, biasanya perlu disimpan dalam wadah tertutup selama beberapa waktu.

Meminum infused water diklaim bisa membuat tubuh lebih segar saat berpuasa. Selain itu, infused water juga terbukti dalam membantu proses detoksifikasi yang mengeluarkan racun dari tubuh. Untuk membuat infused water, pilih buah yang bertekstur keras dan memiliki kandungan acid/keasaman tinggi seperti kiwi, lemon atau jeruk nipis. Selain menggunakan buah, ternyata bisa juga berkreasi dengan beberapa tumbuhan herbal untuk membuatnya. Manfaatkan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, serai, dan kemangi dan daun mint sebagai campuran.

Cara membuatnya sangat mudah, dalam satu liter air masukkan 20 – 30 buah yang sudah diiris tipis. Simpan di kulkas selama 6 – 12 jam agar sari yang terdapat dalam buah bisa keluar. Lalu konsumsi air rendaman buah tersebut sebelum berbuka puasa atau makan sahur agar gizinya bisa langsung diserap tubuh.

Baca Juga :  Yakin Sudah Sehat Secara Menyeluruh? Yuk Pahami Kesehatan Holistik

Dilansir dari Boldsky, ketika kamu menambahkan buah-buahan ke dalam air, secara tidak langsung kamu menambahkan banyak nutrisi yang menguntungkan tubuh. Berikut 7 resep infused water yang bisa kamu coba.

  1. Mentimun Lemon Jahe

Campuran mentimun, lemon, dan jahe memberikan rasa yang menyegarkan dan unik. Resep ini dapat menjadi minuman detoks yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Cukup iris tipis tiga bahan tersebut dan rendam dalam air selama minimal 2 jam.

  1. Kiwi Kayu Manis

Perpaduan antara kiwi dan kayu manis memang tidak begitu umum. Namun, dalam resep infused water ini kiwi dan kayu manis terbukti mampu menciptakan rasa dan manfaat yang baik bagi tubuh.

Kayu manis batangan lebih direkomendasikan karena kayu manis bubuk tidak akan larut dengan air dan ampasnya menyulitkan saat diminum. Untuk membuatnya, masukkan 1 buah irisan kiwi dan 3 batang kayu manis dalam air dan diamkan beberapa saat sebelum diminum.

  1. Mixed Fruit

Infused water ini sangat cocok dibuat saat banyak sisa buah-buahan di dapur. Buah yang dibutuhkan adalah semangka dan stroberi untuk menambah rasa manis, lemon untuk menambah rasa pada air, ketimun, dan jahe untuk memberikan zat anti inflamasi yang baik bagi kesehatan.

  1. Stroberi Mentimun
Baca Juga :  5 Resep Kolak yang Menggugah Selera

Buah stroberi dan mentimun memberikan kesegaran dan rasa yang sangat enak. Gunakan buah stroberi yang telah diiris, mentimun yang telah diiris, dan tambahan irisan lemon dan daun mint.

  1. Kiwi Berry

Jadikanlah resep infused water ini sebagai pengganti konsumsi minuman bersoda. Cara membuatnya cukp cuci bersih kiwi, raspberi, dan bluberi. kemudian iris kiwi dan masukan dalam pitcher dan masukkan raspberi dan bluberi. Agar lebih segar, tambahkan beberapa lembar daun mint.

  1. Stroberi Selasih Basil

Jika menginginkan infused water yang berbeda, tambahkanlah biji selasih ke dalam air putih. Meskipun tidak menambahkan rasa, selasih akan memberikan tekstur dan kandungan serat yang tinggi.

Iris 1 cangkir buah stroberi dan daun basil dan masukan dalam pitcher. Kemudian masukan ke dalam lemari pendingin selama satu malam kemudian ambil airnya. Terakhir, masukan biji selasih dalam air rendaman stroberi dan basil selama 10-15 menit. Infused water ini dapat bertahan selama 3 hari di dalam lemari pendingin.

  1. Stroberi Mentimun

Buah stroberi dan mentimun memberikan kesegaran dan rasa yang sangat enak. Gunakan buah stroberi yang telah diiris, mentimun yang telah diiris, dan tambahan irisan lemon dan daun mint.

Baca Juga :  Menikmati Hangatnya Asem-Asem Iga Sapi Saat Berbuka Puasa

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.