Ilustrasi anatomi sinusitis. Foto: klikdokter.com

Suaramuslim.net– Sinusitis atau rhinosinusitis merupakan peradangan sinus paranasal dan rongga hidung. Kondisi ini tergolong akut apabila terjadi kurang dari 12 pekan, dan termasuk kronis jika terjadi lebih dari 12 pekan atau dalam 6 bulan terakhir kambuh lebih dari 3 episode.

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Sinus menghasilkan lendir atau mukus yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain dalam udara yang dihirup. Selain itu, sinus juga berfungsi membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru.

Gejala dan penyebab sinusitis

Ketika mengalami sinusitis, umumnya anak akan rewel, batuk, pilek atau hidung tersumbat. Sedangkan pada orang dewasa, gejala sinnsitis bisa berupa:

  • Pembengkakan di sekitar mata.
  • Nyeri pada bagian wajah.
  • Ingus berwarna kuning kehijauan.
  • Menurunnya fungsi indera penciuman.

Sinusitis disebabkan oleh infeksi kuman. Kondisi ini lebih rentan dialami oleh perokok, atau orang yang sering berenang. Sinusitis juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu, misalnya polip hidung dan rinitis alergi.

Faktor risiko sinusitis

Terdapat berbagai faktor yang meningkatkan risiko seseorang dapat terkena sinusitis, antara lain:

  • Adanya kelainan struktur atau bentuk dari saluran hidung, seperti polip hidung atau penyimpangan septum hidung.
  • Masalah pernapasan yang disebabkan oleh sensitivitas terhadap obat-obatan jenis tertentu.
  • Pengidap asma, orang yang mengidap asma rentan untuk terkena sinusitis kronis.
  • Terpapar asap rokok secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang.
  • Gejala alergi yang muncul bagi sebagian orang.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengobati sinusitis di rumah?

Sinusitis yang belum sampai tahap kronis mungkin bisa kamu obati sendiri di rumah dengan berbagai cara, termasuk penggunaan obat. Beberapa pengobatan rumahan untuk sinusitis adalah:

1. Menghirup uap

Kamu bisa menyiapkan air panas di mangkuk besar dan hiruplah uap yang keluar dari air panas tersebut. Hal ini akan memberi sedikit kelegaan untuk jalan napas. Cara ini belum terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan sinusitis, tetapi mungkin bisa sedikit membantu.

2. Membersihkan saluran hidung

Cara ini dilakukan dengan cara membersihkan atau membilas hidung dengan air garam.

3. Kompres air hangat

Kamu bisa mengompres bagian hidung dan sekitar hidung kamu dengan air hangat. Hal ini dapat meringankan beberapa gejala sinusitis.

4. Tidur dengan kepala diangkat

Kamu bisa memakai beberapa bantal untuk menopang kepalamu lebih tinggi dari biasanya saat tidur. Hal ini dapat mengurangi jumlah tekanan di sekitar sinus dan mengurangi ketidaknyamanan rasa sakit.

5. Meminum obat dekongestan tablet

Obat ini dapat mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi penyumbatan pada sinus.

6. Memakai semprotan dekongestan

Memiliki manfaat yang sama seperti tablet dekongestan. Namun, penggunaan dalam waktu lama (lebih dari 1 pekan) justru dapat menyebabkan penyumbatan pada sinus bertambah buruk.

Jika kamu sudah melakukan pengobatan rumahan seperti di atas tetapi tidak kunjung sembuh setelah satu pekan atau justru bertambah buruk, sebaiknya periksakan segera ke dokter.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.