11 Makanan Korea Halal yang Wajib Dicoba

11 Makanan Korea Halal yang Wajib Dicoba

11 Makanan Korea Halal yang Wajib Dicoba
Kimbap, salah satu makanan halal Korea

6. Jeongol

Jeongol, mie Korea yang lembut (Foto: koreaherald.com)
Jeongol, mie Korea yang lembut (Foto: koreaherald.com)

Makanan khas Negeri Ginseng berikutnya adalah Jeongol. Jeongol ini adalah panganan berupa mie khas Korea bertekstur kenyal sejenis shabu-shabu yang berasal dari Jepang. Setali tiga uang dengan shabu-shabu khas Jepang, jeongol juga berisikan sayur-sayuran yang direbus bersama daging, olahan laut, dan bahan-bahan tambahan lain. Selain itu, pada jeongol juga ditambahkan tteok. Untuk kita yang tidak tahu, tteok adalah makanan tradisional khas Korea yang terbuat dari tepung beras.

7. Galbi

Iga bakar khas Korea (Foto: maangchi.com)

Galbi dalam bahasa Korea berarti iga atau daging yang melekat pada sekitaran tulang iga. Sementara dalam bentuk makanan, galbi atau galbi-gui adalah makanan khas Korea yang juga memakai bahan utama daging iga sapi yang dipanggang dan dipotong pendek-pendek. Pengolahan galbi bisa dengan bumbu ataupun tanpa bumbu. Jika dibumbui yang digunakan antara lain sari buah pir asia, kecap asin, gula, arak beras, bawang putih, dan minyak wijen.

8. Hoe

Fillet ikan mentah (Foto: yum-korea.com)

Hoe atau orang Korea menyebutnya hwe adalah istilah yang dipakai untuk merujuk makanan Korea yang berbahan utamakan potongan ikan segar atau daging mentah. Benar, hoe adalah makanan khas Korea yang disajikan dalam keadaan tidak dimasak. Untuk irisan daging ikan segar atau makanan lautnya, orang Korea memberi nama saengseon hoe. Sedangkan daging sapi yang diberi bumbu mempunyai nama yukhoe..

9. Nurungji

Rengginang ala Korea (Foto: maangchi.com)

Nurungji di Korea mungkin mirip dengan rengginang khas Indonesia. Bedanya, jika rengginang sengaja dibuat dari beras ketan yang dikeringkan, nurungji justru menggunakan kerak sisa-sisa nasi yang menempel pada panci penanak nasi atau gamasot disebutnya. Kerak nasi tersebut diambil untuk dijadikan camilan. Biasanya, kerak nasi yang menempel pada permukaan dalam panci gosong dan menjadi kekuning-kekuningan.

10. Agujjim

Agujjim (Foto: visitkorea.or.kr)

Agujjim atau agwijjim adalah masakan korea yang dibuat dengan cara dikukus. Agujjim menyajikan ikan yang dikombinasikan dengan tauge kacang soya, mideodeok, dan minari sehingga menghadirkan cita rasa yang menyegarkan dan wangi. Bumbu yang biasa dipakai untuk agujjim terbuat serbuk cabai pedas, doenjang, bawang putih cincang, daun bawang cincang, dan ganjang.

11. Hoedeopbap

Hoedeopbap, kombinasi nasi, ikan dan sayuran (Foto: carolinescooking.com)

Hoedeopbap adalah sajian khas Korea yang berisikan nasi, ikan mentah yang dipotong dadu, dan berbagai jenis sayuran seperti selada, mentimun, dan daun wijen. Untuk melahirkan rasa, penduduk Korea menambahkan bumbu wajib masakan Korea yakni chogochujang yang mana terbuat dari campuran cuka, gochujang, dan gula. Adapun jenis ikan yang dipilih untuk dibuat hoedoepbap umumnya ialah ikan halibut, tuna, dan salmon.

Kuliner yang dimiliki oleh Korea Selatan memang beragam, ada yang dimasak dengan cara tradisional hingga modern. Bahkan, ada juga makanan khas Korea yang dibedakan ke dalam beberapa segmen, seperti kuliner istana hingga kuliner khas daerah yang berpadu dengan masakan modern. Tertarik mencobanya?

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!