11 Makanan Korea Halal yang Wajib Dicoba
Kimbap, salah satu makanan halal Korea

Suaramuslim.net – Pernah travelling ke Negeri Ginseng atau tengah ngidam ingin liburan ke Korea Selatan? Hmm, siapa sih yang tidak ingin menginjakkan kaki di negeri cantik nan indah tersebut. Korea Selatan memang banyak memiliki destinasi wisata yang indah yang sayang jika tidak dikunjungi.

Bicara soal Korea selatan dan segala budayanya, tidak akan lengkap jika kita belum bicara soal keanekaragaman kulinernya. Negeri Ginseng ini memiliki aneka kuliner lezat yang menarik untuk dicicipi. Pastinya saat menonton Kdrama, kita juga disuguhkan aneka contoh hidangan tradisional hingga makanan populer khas dari Korea Selatan. Melihatnya saja pasti kita sudah meneteskan air liur untuk mencobanya.

-Advertisement-

Makanan khas Korea ini juga makin populer seiring dengan masuknya K-wave ke Indonesia. Aneka jajanan Korea Selatan dan juga minumannya mulai bermunculan di Indonesia. Beragam jenis restoran dan kafe dengan menu ala Korea banyak diserbu oleh mereka pecinta Kdrama dan Kpop.

Tentunya kita yang gemar wisata kuliner tidak akan melewatkan untuk mencicipi aneka hidangan khas Korea Selatan. Sayangnya beberapa masakan tersebut kadang memiliki kandungan yang tak boleh dikonsumsi oleh umat yang beragama Islam. Tapi, jangan khawatir karena ada banyak juga makanan Korea yang halal. Pastinya bisa dinikmati dengan tenang tanpa was was. Mari kita simak aneka makanan korea halal berikut ini.

Baca Juga :  Tips Memilih Makanan Halal di Luar Negeri

1. Kimchi

Kimchi, acar sayur khas Korea (Foto: maangchi.com)
Kimchi, acar sayur khas Korea (Foto: maangchi.com)

kimchi merupakan hidangan pelengkap dari bahan dasar sawi putih. Umumnya, kimchi akan disajikan bersama nasi sebagai lauk maupun pelengkap makanan. Kimchi memiliki cita rasa khas lidah orang Korea, yakni asam dan pedas. Untuk kita yang belum tahu, kimchi adalah acar sayuran. Kimchi asal Korea bukan hanya menawarkan cita rasa yang cocok untuk lidah mayoritas penduduknya, melainkan juga aroma yang tajam.

2. Haemultang

Haemultang (Foto: busan.go.kr)
Haemultang (Foto: busan.go.kr)

Haemultang. Bisa dibilang sebagai bukti kalau orang Korea sangat kreatif untuk urusan mengolah bahan makanan dari laut. Pada dasarnya, Haemultang adalah sup makanan laut, tapi keunikannya terletak pada cara memasaknya.

Ketika memasak Haemultang, bumbu, kaldu, dan air diletakkan di atas wadah dengan api yang memanasinya. Setelah itu, bahan makanan laut, seperti cumi-cumi, kepiting, gurita, udang, sampai kerang pun dimasukkan ke dalam wadah yang dipanaskan tadi. Semua bahan makanan laut tadi dimasukkan dalam keadaan hidup. Namun jangan khawatir, karena metode memasak ini sudah teruji aman dan kesegaran hidangan tidak perlu diragukan.

Baca Juga :  Makanan Berpengawet yang Haram Dikonsumsi

3. Bulgogi

Bulgogi (Foto: maangchi.com)
Bulgogi (Foto: maangchi.com)

Bulgogi masuk dalam daftar makanan khas Korea yang sangat terkenal. Makanan satu ini juga menggunakan olahan daging, sama seperti samgyeopsal. Bedanya, jika samgyeopsal menggunakan daging babi, sedangkan bulgogi memakai daging sirloin atau daging sapi pilihan. Bulgogi pada umumnya disajikan bersama kimchi, bawang putih, atau bumbu penyedap lain yang disatukan dalam bungkusan daun selada.

4. Nakji Bokkeum

nakji bokkeum, gurita goreng yang dibumbui pasta cabai (Foto: maangchi.com)
nakji bokkeum, gurita goreng yang dibumbui pasta cabai (Foto: maangchi.com)

Nakji bokkeum adalah hidangan berbahan dasar gurita yang digoreng sampai kering. Nakji bokkeum menyimpan karakteristik sebagai panganan Korea. Rasanya yang pedas bisa menggugah selera makan agar semakin lahap menyantapnya. Rasa pedas yang dimiliki merupakan hasil dari penggunaan pasta cabe yang membumbui gurita dan tumisan sayur. Untuk mereka yang tak terbiasa dengan masakan Korea menganggap makanan satu ini sangatlah pedas. Jadi, tak jarang dari mereka yang mencampur nakji bokkeum dengan nasi agar pedasnya bisa berkurang.

5. Seolleongtang

Seolleongtang, sup tulang dan bagian dalam sapi (Foto: maangchi.com)
Seolleongtang, sup tulang dan bagian dalam sapi (Foto: maangchi.com)

Kebiasaan orang Korea dalam kegiatan santap saji adalah menyiapkan hidangan berkuah, khususnya sup, di meja makan. Dari kebiasaan tersebut, negara Korea dikenal akan supnya yang beragam. Dari sekian banyak sup khas Korea, ada satu yang cukup terkenal. Namanya sup seolleongtang yang menggunakan bahan dasar tulang-tulang dan bagian dalam tubuh sapi. Karena menggunakan bahan dasar daging, sup seolleongtang dimasak dalam waktu yang lama.

Baca Juga :  Ini Manfaat Memilih Makanan Halal

Lanjut ke halaman 2

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.