Home Headline 6 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

6 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

0
Ilustrasi stop diabetes. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Makanan untuk penderita diabetes memang harus dipilih dan tidak boleh sembarang. Dalam memilihnya pun bukan hal yang mudah. Seorang penderita diabetes akan menghadapi begitu banyak larangan, khususnya dalam mengkonsumsi makanan. Terlebih makanan yang rasanya manis.

Salah dalam memilih makanan tentunya akan menyebabkan kadar gula darah naik. Bahkan makan makanan yang terlarang dapat langsung memberikan dampak terhadap kesehatan orang yang menderita diabetes.

Memilih makanan untuk penderita diabetes memiliki peran penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Pasien diabetes tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan. Pasalnya, jika salah asupan, kadar gula darah bisa meningkat. Untuk itu, harus diketahui jenis makanan untuk penderita diabetes yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.

Peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes dapat berisiko menimbulkan dampak pada kesehatan, seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, masalah pada mata, lebih rentan terkena infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran atau koma. Dibawah ini adalah daftar makanan sehat yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes.

1. Oatmeal

Untuk kamu yang menderita diabetes, oatmeal bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk tubuh. Selain aman dikonsumsi, anda bisa mencampurnya dengan pisang atau strawberry agar lebih enak.

2. Ubi Jalar

Makanan sumber karbohidrat lainnya yang juga aman untuk penderita diabetes adalah ubi jalar. Makanan untuk penderita diabetes ini kadar indeks glikemiknya rendah sehingga aman. Apalagi rasanya yang agak manis.

3. Nasi merah

Meskipun merupakan makanan utama orang Indonesia, namun nasi putih harus dihindari penderita diabetes. Sebagai gantinya, nasi merah sangat disarankan. Selain indeks glikemiknya rendah, nasi merah juga kaya karbohidrat.

4. Jagung

Dilansir dari Asian Journal, profesor dari University of Philippines Los Banos, Dr. Artemio Salazar menjelaskan bahwa jagung punya nilai glikemik rendah sehingga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes.

Mengutip dalam laman Harvard Medical School, skor IG dari 100 gram jagung adalah 46, sementara beban glikemiknya bernilai 14. Sebagai perbandingan, beban glikemik dari 150 gram nasi putih adalah 29. Pada dasarnya, semakin rendah beban glikemik suatu makanan semakin baik untuk gula darah.

Selain itu, jagung juga mengandung serat pati resisten yang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa rutin makan jagung kaya pati resisten setiap hari dapat membantu diabetes mengendalikan gula darahnya lebih baik. Makanan berserat tinggi juga membuat kamu kenyang lebih lama.

5. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi esensial lainnya. Tak hanya itu. Sayuran hijau juga cenderung rendah kalori dan karbohidrat, sehingga baik untuk mengendalikan gula darah diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat penurunan gula darah diabetes ini datang dari kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah. Kedua antioksidan tersebut juga dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak, yang merupakan komplikasi diabetes paling umum.

6. Ikan

American Diabetes Association melaporkan bahwa diet tinggi lemak sehat dapat membantu mengendalikan gula darah sekaligus menekan kadar lipid (lemak darah) pada orang dengan diabetes. Ikan salmon, tuna, sarden, makarel, hering, dan trout merupakan sejumlah ikan yang kaya akan kandungan lemak sehat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.