Lakukan Enam Tips Ampuh Atasi Stres Berikut

Suaramuslim.net – Stres diakui sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Hal ini karena stres diyakini sebagai akar berbagai penyakit. Meski demikian, stres bisa diatasi. Tulisan ini akan membagikan tips menanggulangi kondisi yang makin kekinian ini.

Tekanan dan kekhawatiran dalam melakukan banyak hal, merasakan hilangnya kendali, dan perasaan terancam, ketidaknyamanan, dan ketidakmampuan akan muncul pada diri kita jika kita menghadapi stres.

Menurut catatan The American Medical Association, stres adalah penyebab dasar dari 60 persen semua penyakit manusia dan komplikasinya. Bukan hanya itu, Penelitian mengenai stres menunjukan bahwa orang yang stres akan mengalami sakit atau depresi.

Meski demikian, stres dapat menajamkan refleks, meningkatkan respon dan membuat Anda mampu untuk menghadapi situasi yang sulit dan penuh tekanan. Karena situasi sulit akan memacu potensi fisik, fikir dan kepribadian Anda untuk menemukan berbagai solusi permasalahan itu.

Sebaliknya, jika hidup bebas tanpa stres, membuat kita stag di satu tempat tanpa ada perubahan signifikan. Bagaimanapun juga, berbagai kesulitan itu akan membuat kita semakin dinamis dan berkembang. Bukankah Allah subhanahu wa ta’ala menguji untuk menaikkan derajat kita?

Baca Juga :  7 Jenis Bayi Kembar dalam Dunia Medis

Jadi, bukan tantangan atau kesulitan yang dihindari atau dihilangkan, namun bagaimana sikap kita menghadapinya. Meski demikian perlu kiat khusus jika stress melanda, dilansir dari situs psikoma.com, berikut tipsnya.

Relaksasi Secara Berkala

Dengan merelaksasi tubuh dan pikiran, akan mendatangkan perasaan nyaman. Relaksasi pun bisa kita lakukan dengan berbagai cara, di antaranya adalah body massage atau pemijatan tubuh. Perlu diketahui bahwa dengan pemijatan tubuh ini juga sangat baik dalam menormalkan tekanan darah. Sehingga, bagi penderita stres akan lebih mudah mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Berbagi Cerita

Beberapa orang mungkin mengganggap dengan berdiam diri di kamar adalah cara tepat untuk mengistirahatkan diri. Namun faktanya berdiam diri di kamar justru semakin membuat stres tidak lekas membaik. Mulai berbagilah cerita ke orang terdekat, atau orang yang dianggap bisa memberi solusi.

Olah Raga Teratur

Olah raga adalah aktivitas yang sangat menguntungkan tubuh karena baik untuk kesehatan jasmani seseorang. Orang yang mengalami stres pada umumnya juga akan mengalami gangguan kesehatan karena sistem kekebalan tubuhnya melemah.

Baca Juga :  Hidup Sehat ala Rasulullah

Sibukkan Diri dengan Hobi

Orang yang sedang mengalami stres akan terpaku pada pikiran negatif yang membuatnya down secara mental. Pada beberapa kasus, stres juga bisa disebabkan karena rutinitas yang selalu menegangkan atau membebani pikiran. Jadi usahakan kita menyibukkannya dengan aktivitas yang berkaitan dengan hobi. Hal ini tentunya akan membuat pikiran negatif teralihkan dengan adanya kesibukan atas kegiatan  yang kita sukai.

Perbanyak Ibadah

Cara mengatasi stres selanjutnya adalah dengan memperbanyak melakukan ibadah. Dengan melakukan ibadah, artinya kita mempasrahkan segala bentuk kekhawatiran maupun kecemasan terhadap kekuasaan Allah Shubhanahu wa ta’ala. Dengan memperbanyak ibadah pula, hati yang gundah dapat menjadi tenang.

Sempatkan Keluar dari Rutinitas

Keluar dari rutinitas padat adalah salah satu cara ampuh untuk meredam dan menghilangkan stres. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata atau hiburan, maka akan membangkitkan mood Anda kembali dan menghindari stres dari padatnya rutinitas dan aktivitas. Inilah enam tips, bagaimana cara untuk mengatasi stres. Yuk dicoba!

Kontributor: Khoirun Nisa
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.