Terapkan Pola Hidup Ini, Agar Tetap Sehat

74
Terapkan Pola Hidup Ini, Agar Tetap Sehat

Suaramuslim.net – Memiliki raga yang sehat dan bugar tentu merupakan keinginan setiap orang. Untuk mewujudkannya, juga harus menerapkan pola hidup yang sehat pula. Bagaimana pola hidup sehat sesungguhnya?

Defenisi sehat menurut World Health Organization yang dikutip oleh sunhope.com adalah kondisi normal seseorang yang merupakan hak hidupnya. Sehat berhubungan dengan hukum alam yang mengatur tubuh, jiwa, dan lingkungan berupa udara segar, sinar matahari, diet seimbang, bekerja, istirahat, tidur, santai, kebersihan serta pikiran, kebiasaan dan gaya hidup yang baik.

Selama beberapa dekade, pengertian sehat masih dipertentangkan para ahli dan belum ada kata sepakat dari para ahli kesehatan maupun tokoh masyarakat dunia. Akhirnya World Health Organization (WHO) membuat defenisi universal yang menyatakan, ”Health is a state of complete physical, mental and social wellbeing and not merely the abscence of disease or infirmity.

Bahwa pengertian sehat adalah suatu keadaan kondisi fisik, mental, dan kesejahteraan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan. Berikut ini pola hidup yang dapat diterapkan agar senantiasa sehat.

Pola Makan Sehat

Hal pertama yang mempengaruhi pola hidup sehat adalah pola makan. Penting bagi setiap orang memperhatikan pola makannya untuk mengarah pada pola hidup sehat. Sebagaimana yang kita tahu, banyak orang sulit mengatur bahkan cenderung tidak memperhatikan pola makan.

Padahal untuk memulai pola hidup sehat, Anda diharapkan menghindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak. Termasuk juga bahan pengawet yang diyakini jika dikonsumsi jangka panjang dapat menyebabkan kanker. Sebaliknya, mulailah membiasakan diri mengonsumsi berbagai sayur dan buah-buahan agar mendapatkan serat yang baik bagi tubuh. Di samping itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari dalam rangka memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Pola Istirahat Cukup

Berbagai pengertian pola hidup sehat menurut para ahli menjelaskan bahwa pola istirahat juga menentukan kesehatan tubuh. Tubuh memerlukan istirahat minimal 7 jam sehari agar dapat meregenerasi sel-sel yang rusak, sehingga saat kita selesai beristirahat, tubuh kita sudah siap beraktivitas kembali.

Untuk itu, usahakan selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan menghindari kebiasaan tidur larut malam atau begadang agar tubuh Anda selalu sehat dan segar.

Pola Olahraga Teratur

Hal selanjutnya yang mempengaruhi pola hidup sehat adalah pola olahraga yang teratur. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur bukan hanya membuat tubuh menjadi segar tetapi juga bugar. Manfaat lainnya yaitu melancarkan peredaran darah dan membantu meregenerasi sel-sel dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Demikian pengertian pola hidup sehat  dan beberapa hal yang mempengaruhinya. Sangat penting bagi Anda untuk menjaga pola hidup sehat sejak dini agar terhindar dari segala gangguan kesehatan yang mengancam hari depan Anda sendiri.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here