Tips Bepergian Jauh Bersama Bayi dengan Transportasi Umum

Suaramuslim.net – Mempunyai bayi baru lahir membawa kebahagiaan tersendiri bagi orang tua dan orang sekitar. Jika para orang tua sudah mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyambut si kecil lahir ke dunia, orang sekitar pun turut mempersiapkan kado untuk menjenguk sang bayi.

Sebelum Kamu pergi ke toko perlengkapan bayi untuk membeli kado, simak rekomendasi kado untuk menjenguk bayi baru lahir berikut sebagai alternatif pilihan Kamu:

1. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi adalah kado pertama yang kebanyakan disiapkan orang untuk menjenguk bayi baru lahir. Perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, bedak, minyak telon hingga hair lotion menjadi produk harian yang dibutuhkan orang tua.

Selain itu, produk bayi tambahan seperti baby oil untuk pijat, baby cream untuk menjaga kelembaban kulit bayi atau baby cologne agar bayi selalu wangi juga dapat dijadikan pilihan saat menjenguk bayi baru lahir. Sudah banyak pilihan set produk mandi untuk bayi yang bisa Kamu dapatkan di pasaran. Kamu tinggal memilih produk yang sesuai dengan budget. Oleh karena itu, perlengkapan mandi sangat pas untuk dijadikan kado untuk menjenguk bayi baru lahir.

Baca Juga :  Kemesraan Rasulullah Bersama Anak-anak

2. Popok atau diapers bayi serta tisu kering dan basah

Kebutuhan harian bayi lainnya yang tak kalah penting adalah popok atau diapers bayi. Sebab, bayi baru lahir cenderung lebih sering buang air dibandingkan bayi berusia lebih tua. Kita bisa membantu orang tua bayi mempersiapkan diapers ukuran new born atau diapers untuk bayi baru lahir.

Sebagai tambahan, tisu kering dan tisu basah juga dapat dijadikan kado untuk mempermudah orang tua bayi saat mengganti diapers bayi.

3. Baju bayi dan handuk

Baju bayi biasanya sudah dipersiapkan orang tua untuk menyambut kelahiran buah hatinya. Namun, tidak ada salahnya Kamu memberikan kado baju bayi saat menjenguk bayi baru lahir.

Baju bayi yang diberikan sebaiknya dalam ukuran yang lebih besar agar bisa dipakai saat si kecil sudah bertambah usia. Selain itu, handuk untuk keperluan mandi si kecil juga dapat dijadikan alternatif kado pilihan. Handuk dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama dan dapat dimanfaatkan untuk bayi dan orang tuanya.

Baca Juga :  Ajarkan Bacaan Ini Ketika Anak Bersedih

4. Tas perlengkapan bayi

Tas perlengkapan bayi memudahkan orang tua saat membawa bayi berpergian. Jika Kamu ingin membeli tas perlengkapan bayi sebagai kado, ada tiga pilihan ukuran tas yaitu kecil, sedang dan besar.

Tas ukuran kecil cocok untuk dibawa ke tempat yang lebih dekat sehingga tidak perlu membawa banyak barang. Tas ukuran sedang dapat dimanfaatkan untuk berpergian dalam jarak sedang dan dalam waktu sehari atau lebih singkat. Sementara tas besar bisa memuat lebih banyak perlengkapan bayi dan ada yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan susu agar tetap hangat. Pilihlah tas yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Peralatan makan

Saat bayi memasuki masa MPASI (makanan pendamping air susu ibu) nantinya, peralatan makan menjadi hal yang dibutuhkan. Peralatan makan juga dapat digunakan sebagai alat takar per porsi makan si kecil sesuai tahapan usianya. Satu set peralatan makan biasanya terdiri dari mangkok atau piring, sendok dan garpu serta gelas bayi.

Pilihlah peralatan makan dari plastik yang berlabel BPA free untuk menghindarkan bayi dari resiko terpapar bahan kimia berbahaya.

Baca Juga :  Manfaat "Leg Godt" untuk Tumbuh Kembang Anak

6. Gendongan

Kado untuk bayi baru lahir berikutnya adalah gendongan bayi. Ada berbagai jenis gendongan bayi, seperti gendongan instan samping, gendongan instan depan dan gendongan dari kain. Gendongan dari kain adalah yang paling fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Pilih gendongan sesuai dengan kebutuhan.

7. Pompa asi plus botol penyimpanan dan mainan bayi

Rekomendasi kado bayi baru lahir yang jarang diberikan adalah pompa asi dilengkapi dengan botol penyimpanan. Jika Kamu ingin kado yang berbeda, Kamu juga bisa memberi mainan bayi. Pompa asi dan botol penyimpanan diperlukan untuk ibu yang bekerja agar tetap bisa memberikan ASI pada bayinya. Sedangkan mainan bayi bermanfaat untuk stimulasi bayi agar dapat berkembang sesuai tahap usianya.

Selamat memilih kado untuk menjenguk bayi baru lahir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here