Dekorasi pernikahan. Foto: pixabay.com

Suaramuslim.net – Pernikahan merupakan suatu acara sakral di mana dua anak manusia mengikrarkan janji suci untuk mengarungi hidup bersama-sama dalam suka maupun duka. Biasanya pernikahan itu identik dengan adanya perayaan di pihak pengantin wanita atau pun pria. Setiap pasangan yang akan menikah tentu saja keduanya pasti memiliki konsep atau pun tema dekorasi pernikahan tersendiri.

Setiap orang pasti menginginkan konsep pernikahannya bermakna apalagi sudah diimpikan bertahun-tahun. Tapi hingga kini masih ada saja pasangan yang bingung dalam menentukan konsep pernikahan. 

Banyak hal yang akan memengaruhi pemilihan tema dekorasi pernikahan itu sendiri. Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan adat tentunya semakin memberikan ragam pilihan tema dekorasi pernikahan bagi setiap pasangan. Selain masalah adat dan budaya masih ada faktor lain yang memiliki peran dalam pemilihan tema dekorasi yaitu budget dan kesukaan calon mempelai sendiri.

Meskipun demikian, ada beberapa konsep pernikahan yang menjadi tren di tahun ini. Beberapa di antaranya bisa kita simak di bawah ini!

1. Nuansa Jawa di Taman Hijau

Foto: style.tribunnews.com

Tema Jawa yang kental tak melulu digambarkan dengan pelaminan model gebyok yang tradisional. Sebuah pesta outdoor yang kasual pun bisa diselipkan sentuhan jawa. Pelaminan kayu digantikan oleh backdrop berbalut batik, sementara meja-meja ditambahkan beberapa bantal sebagai tempat duduk tamu yang membuat suasana pesta tampak hangat.

2. Nuansa di Pantai

Foto: Blog.thewedding.id

Eksotisme pantai kerap kali dipilih calon pengantin demi mewujudkan pernikahan romantis impian. Pemandangan alam yang sudah indah pun tak perlu lagi diberi dekorasi mewah, namun cukup dengan nuansa serba putih yang terkesan simple, modern, dan anggun.

3. Rustic

Foto: seputarpernikahan.com

Rustic merupakan konsep dekorasi yang identik dengan warna kalem. Misalnya saja warna pink atau warna pastel lainnya, coklat, dan bunga-bunga dengan warna yang senada. Selain itu rustic juga tak ketinggalan dengan unsur kayu-kayu atau ranting pohon, daun-daun kering hingga lampu yang menggantung. Hal ini menjadikan suasana antar para tamu yang datang menjadi lebih akrab dan hangat.

4. Classic romance

Foto: idntimes.com

Pilih konsep classic romance kalau kamu dan pasangan menyukai berbagai macam bunga dengan banyak warna. Sebab, konsep ini menggunakan banyak jenis bunga. Selain itu warna-warna bunga yang dipilih juga cerah mulai dari putih, hijau, merah, pink, ungu, biru dan sebagaiya. Jangan khawatir terlihat berantakan justru dari tangan ahli dekor, konsep classic romance ini akan terlihat semakin lebih segar, romantis dan mewah.

5. Minimalis

Foto: hipwee.com

Sesuai dengan namanya, konsep minimalis ini menampilkan dekorasi yang sangat sederhana. Meski begitu, pada dekorasi minimalis ini tetap ada sentuhan bunga warna-warni, dauh-daun dan hiasan lainnya tapi tetap dengan porsi yang tidak banyak. Biasanya konsep ini banyak digunakan pada acara pernikahan yang diselenggarakan di rumah, tapi tak menutup kemungkinan bila Anda menyelenggarakan pesta pernikahan di gedung atau aula.

6. Shabby chic

Foto: hellobrides.id

Konsep Shabby Chic biasanya menjadi favorit para wanita. Karena konsep ini mengusung sisi romantisme dan feminisme yang kental. Mulai dari pemilihan warna-warna pink dan pastel serta identik dengan motif bunga.

7. Mewah

Foto: wolipop.detik.com

Pernikahan dengan konsep ini biasanya akan penuh dengan hal-hal mewah dan gemerlap. Mulai dari display setiap ornamen utama dalam gedung hingga penampilan tamu yang tentu saja tidak jauh dari kesan mewah. Warna-warna yang diusung adalah putih, silver, dan gold. Biasanya orang-orang yang tinggal di perkotaan akan condong pada konsep ini. Karena dekorasi pernikahan glamor sendiri membutuhkan ruangan yang luas serta budget yang cukup besar.

8. Outdoor

Foto: malangtimes.com

Tema taman atau outdoor memiliki kesamaan dengan tema pantai. Hal ini karena keduanya sama-sama diadakan di luar ruangan. Tema ini dapat dengan mudah diaplikasikan pada rumah yang memiliki taman luas, tetapi saat ini kita bisa dengan mudah menemukan taman-taman hotel atau villa yang digunakan sebagai tempat pernikahan outdoor. Tema taman atau outdoor biasanya dihindari saat musim dingin atau musim hujan.

9. Islami

Foto: gaunpengantinmu.blogspot.com

Untuk tema pernikahan Islami biasanya akan diambil unsur-unsur yang terdapat pada pernikahan Negara-negara Islam seperti Arab atau pun Pakistan. Ornamen-ornamen khas seperti adanya tirai panjang yang digunakan sebagai background pelaminan. Untuk tirai ini bisa diaplikasikan hanya dengan satu warna atau dua warna.

Dalam tema pernikahan Islam bunga juga menjadi item yang wajib ada. Biasanya bunga dengan warna kuning, putih, hijau, pink, merah, marun, atau ungu lebih sering dipakai. Selain itu pohon yang dikeringkan juga sering digunakan sebagai ornamen penghias dalam tema ini.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.