9 Manfaat Buah Langka Matoa

11
Sembilan Manfaat Buah Langka Matoa

Suaramuslim.net – Pernahkah Anda mendengar nama buah matoa? Mungkin agak terasa asing di telinga kita. Matoa adalah tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Buat kalian yang tinggal di sekitar Indonesia timur, mungkin tak asing lagi dengan buah ini serta tidak sulit untuk mendapatkan buah ini. Tapi, untuk yang tinggal di daerah lain, harus ke supermarket untuk mendapatkannya. Sebab, buah legit ini tak dijual sembarangan di pinggir-pinggir jalan.

Pohon matoa menghasilkan buah berwarna merah yang dapat dikonsumsi secara langsung. Buah matoa memiliki kulit luar yang licin dan agak keras, namun mudah untuk dipecahkan menggunakan tangan kosong. Daging buah matoa memiliki warna dan cita rasa yang mirip dengan kelengkeng atau rambutan. Banyak yang mengatakan bahwa aroma buah ini mirip dengan aroma buah durian, tidak heran jika sebagian orang tidak kuat dengan aromanya sehingga merasa pusing dan mual.

-Advertisement-

Meski aromanya menyengat, namun manfaat buah matoa sangat baik untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin C, glukosa dan kalsium di dalamnya. Selain punya banyak manfaat buat kesehatan, Matoa juga bakal jadi sahabat terbaik para perempuan yang ingin cantik dari dalam. Fungsi buah bisa sama dengan produk-produk kecantikan, sebut saja mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus seperti keriput. Sebagai buah yang punya segudang manfaat, tak heran kalau buah Matoa dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Jika kamu membuka toko online, ada beberapa yang menawarkan buah Matoa segar yang siap dipesan. Untuk satu kg buah berkhasiat ini dibanderol dengan harga Rp 160.000.

Baca Juga :  Manfaat Alpukat bagi Tubuh

Buah matoa yang berasal dari Papua ini memiliki khasiat kesehatan, pengobatan, hingga untuk kecantikan atau penampilan kulit. Berikut di bawah ini manfaat buah matoa:

  1. Lebih Aman untuk Penderita Diabetes

Konsumsi buah matoa lebih aman bagi penderita diabetes daripada konsumsi gula tebu dan semacamnya. Mengonsumsi buah matoa dapat menjadi sumber energi alternatif karena di dalam buah matoa memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Manfaat dari kandungan buah matoa ini sudah dilakukan penelitian oleh periset dari IPB.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Buah matoa dapat meningkatkan kesuburan, meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan stres, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko jantung koroner, menjaga kesehatan kulit, dan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Buah matoa mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang melindungi dan meningkatkan kesehatan kesuburan. Pada wanita, vitamin E memiliki fungsi untuk melindungi sel telur, meningkatkan kesuburan, dan mencegah terjadinya perpecahan membran selama masa kehamilan. Adapun pada pria, vitamin E berfungsi untuk meningkatkan kualitas sperma dan mortilitas pada pria.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Baca Juga :  Manfaat Alpukat bagi Tubuh

Buah matoa memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, manfaatnya sebagai antioksidan yang menangkal serangan radikal bebas, dan juga memperkuat sistem kekebalan pada tubuh. Konsumsi vitamin C akan sangat berguna untuk memperkuat tubuh dalam melawan berbagai macam serangan virus penyakit. Kondisi daya tahan tubuh yang lemah mengakibatkan tubuh akan mudah jatuh sakit. Kandungan vitamin C di dalam buah matoa sangat baik manfaatnya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Mengurangi Resiko Jantung Koroner

Vitamin E yang terkandung di dalam buah matoa bermanfaat untuk banyak hal, seperti menjaga kesehatan kulit, elastisitas kulit, kelembaban kulit, meredakan stres, meningkatkan kesuburan, hingga menghindari penyakit jantung koroner. Vitamin E dapat secara efektif untuk mencegah penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Hal ini karena vitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah timbulnya masalah proses oksidasi di dalam tubuh, sehingga menghindari terjadinya penumpukan plak ataupun sumbatan arteri.

  1. Mencegah Risiko Kanker

Buah matoa memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan dapat menangkal serangan radikal bebas serta mengurangi risiko kanker. Antioksidan juga dapat menghancurkan sel-sel pemicu kanker sebelum menyebar.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit
Baca Juga :  Manfaat Alpukat bagi Tubuh

Konsumsi buah matoa bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit, serta mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit agar sel-sel kulit yang telah mati bisa segera digantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Hal ini bermanfaat agar penampilan kulit terlihat muda, cerah dan bercahaya. Vitamin E bermanfaat dalam perawatan kulit, mengatasi berbagai masalah kulit, serta mengatasi masalah kesuburan.

7. Mencegah Hipertensi   

Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi, coba gunakan salah satu manfaat buah matoa ini untuk mengatasinya. Buah matoa dapat mencegah datangnya hipertensi serta membantu mengontrol tekanan darah agar lebih stabil.

  1. Melancarkan Pencernaan

Khasiat buah matoa juga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, hal ini karena banyaknya kandungan serat pada buah matoa. Jika Anda yang sedang terkena gangguan pencernaan seperti sembelit juga bisa mencoba mengonsumsi buah matoa untuk kembali melancarkan pencernaan Anda.

  1. Menghilangkan Sres

Aktivitas berat yang kita lakukan setiap hari dapat menyebabkan kita menjadi stres. Jika dibiarkan, stres bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan mengonsumsi buah matoa, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin untuk membantu mengurangi stres.

Demikian sembilan manfaat dari buah khas papua, buah matoa.

Kontributor: Jefri Firmansyah, S.Psi
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here