Lakukan Hal Ini Agar Istiqomah Membaca Al Quran

430
Lakukan Hal Ini Agar Istiqomah Membaca Al Quran

Suaramuslim.net – Menata diri agar istiqomah merupakan hal yang lebih sulit dibandingkan dengan memulai melakukan amal. Tak terkecuali dalam membaca Al Qur’an. Berikut ini tips agar kita bisa istiqomah dalam membaca Al Quran.

Di era serba modern dan canggih ini, istiqomah dalam membaca Al Quran merupakan tantangan tersendiri. Sibuk, tak ada waktu, hingga lelah, adalah perkara yang  menjadi alasan untuk tidak membaca Al-Quran sebagai satu amalan. Belum lagi dengan berbagai godaan yang ada di gadged yang sudah terisntal di sana. Padahal, orang yang memuliakan Al  Quran dengan senantiasa membacanya akan mendapatkan kemuliaan.

Imam Syafi’i  rahimahullah pernah mengatakan, bahwa siapa saja yang ingin meraih kebahagiaan di dunia, maka kebahagiaan itu bisa diraih dengan Al Quran. Barang siapa yang ingin bahagia di akhirat, maka dengan Al Quran. Dan barang siapa yang ingin bahagia di dunia maupun akhirat, ya dengan Al Quran.

Pernyataan Imam Syafi’i tersebut kemudian diperjelas oleh seorang cendekiawan muslim asal Syiria, Dr. Mahir Hasan Al-Munajjid. “Al Quran bersama amal shalih, adalah penolong kita kelak setelah menemui kematian.”

Akan sangat disayangkan jika waktu 24 jam yang telah dikaruniakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala berlalu begitu saja tanpa membaca Al Qur’an. Tips di bawah ini mungkin akan membantu Anda untuk mengistiqomahkan diri dalam membaca Al Qur’an,

Susun Jadwal

Waktu terbaik untuk membaca Al Quran adalah sebelum masuk waktu shalat atau selepas shalat. Jika memiliki masalah dengan waktu, Anda bisa membiasakan diri untuk membaca Al Quran selepas shalat Maghrib dan sebelum masuk shalat Isya. Hal ini juga bisa menjadi pengisi waktu antara maghrib dan isya.

Tentukan Target

Selain dengan menyusun jadwal, Anda juga bisa mengatur porsi bacaan Al Quran tiap harinya. Misal, baca Al Quran sebanyak satu lembar dalam satu hari untuk setiap hari. Anda boleh  memulainya dengan beberapa potongan ayat. Apabila sudah terbiasa dan lancar,  tingkatkan kuantitas bacaan Anda. Misal amalkan dua lembar bacaan dalam satu hari dan seterusnya.

Anda juga bisa membaca Al Quran, sambil melihat makna atau terjemahan. Untuk lebih mudah, kita gunakan Al Quran yang mempunyai terjemahan ‘per kata’. Hal ini akan berguna untuk memudahkan memaknai dan mempelajari isi Al Quran.

Letakkan Al Quran di Tempat yang Mudah Dilihat dan Dicapai

Tabiat malas memang merupakan masalah utama bagi siapa saja. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan Al Quran di tempat yang mudah di jangkau mata. Hal ini juga akan bermanfaat agar Anda selalu merasa diingatkan untuk membuka, membaca dan mempelajari Al Quran.

Manfaatkan Teknologi untuk Memudahkan Ibadah

Teknologi yang berkembang pesat saat ini, tak hanya bermanfaat untuk memudahkan segala sesuatu yang bersifat teknis. Misalnya, dengan adanya smartphone, tentu tak hanya akan memudahkan untuk saling berkomunikasi saja. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai media untuk mempermudah beribadah. Anda bisa mengunduh aplikasi Al Quran digital yang telah dilengkapi berbagai macam fitur untuk mempermudah Anda membaca Al Quran di mana saja dan kapan saja.

Sebaik-baik manusia adalah yang membaca Al Quran dan mengamalkannya, maka mari memperbanyak amalan dengan membaca Al Quran. Semoga tips di atas bermanfaat.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here