SURABAYA (Suaramuslim.net) – Agen Global Qurban merupakan program yang dicanangkan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya yang terdampak pandemi.

Banyak masyarakat yang harus dirumahkan sehingga tidak sedikit juga dari mereka yang kehilangan mata pencaharian, di lain sisi mereka juga tetap harus mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Terlebih Surabaya menjadi kota dengan jumlah kasus besar di Indonesia. Hal tersebut tentu membuat kelumpuhan pada banyak sektor perekonomian, sehingga tidak sedikit warga yang harus kesusahan dalam memenuhi kebutuhan keluarga karena tidak adanya penghasilan.

Melalui Program Agen Global Qurban, ACT Jatim berharap ini menjadi solusi bagi masyarakat sebagai sumber penghasilan baru di tengah pandemi ini.

“Kami berharap ini bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi bagi masyarakat,” ujar Branch Manager ACT Jatim Ponco Sri Arianto dalam rilis yang diterima Suaramuslim.net, Selasa (23/6).

“Sehingga program ini selain bernilai ibadah, juga menjadi solusi membuka lapangan pekerjaan bagi ribuan masyarakat Jawa Timur, khususnya yang terdampak pandemi saat ini,” imbuhnya.

Hal ini disambut baik oleh Erna Purwanti (47). Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga sekaligus driver ojek online. Dirinya mendapat informasi terkait Agen Qurban ini melalui media sosial ACT Jawa Timur.

Menurutnya, menjadi bagian Agen Qurban sama dengan memfasilitasi orang lain untuk menyalurkan kebaikannya. Pasalnya, hewan kurban yang disalurkan Global Qurban akan disembelih dan dagingnya didistribusikan ke masyarakat prasejahtera di tepian negeri, luar negeri, dan warga terdampak bencana.

“Saya turut bahagia bisa menjadi bagian dari kebaikan ini. Selain untuk tambahan pendapatan, juga bisa menjadi ladang pahala karena bisa menjadi perantara ibadah,” ungkap Erna yang tinggal di Kalimas Baru kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya saat ditanya alasannya bergabung menjadi Agen Qurban.

Erna menuturkan, setiap hari demi menjaring para dermawan yang ingin menunaikan kurban, ia rajin menawarkan kepada pelanggannya dan rekan-rekannya sesama driver, saudara, bahkan tetangga sekitar rumahnya.

Erna juga turut bersyukur dengan apresiasi yang diberikan Global Qurban – ACT di setiap transaksi kurban yang diusahakannya.

Bagi Erna, berapa pun apresiasi yang diberikan dari keagenan ini merupakan rezeki dari Allah yang harus diterima dan disyukuri.

Selain Erna, kangkah serupa juga diambil Yeni Afniatul Fuad, atau akrab disapa Yeni, yang bergabung menjadi Agen Qurban.

Yeni yang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Ia tinggal di kos, kedua orang tuanya tinggal di salah satu kota di Jawa Timur, dan bekerja sebagai petani. Bagi Yeni, menjadi Agen Qurban di Global Qurban-ACT sebagai langkahnya mandiri secara ekonomi.

Sejak pekan pertama Juni, Yeni resmi menjadi Agen Qurban. Ia mengaku cukup mudah saat mendaftar. Syaratnya pun tak ada yang menyulitkan dan berharap profesi barunya ini bisa sedikit membantu perekonomian pribadi dan meringankan beban orang tuanya.

“Harapannya, dengan menjadi Agen Qurban bisa meringankan beban orang tua dalam hal perekonomian, sekaligus menjadi kebanggaan karena bisa terlibat dalam bagian aksi kemanusiaan Global Qurban-ACT,” tutupnya.

Hingga saat ini, kesempatan menjadi Agen Qurban masih terbuka. Masyarakat yang ingin bergabung bisa mendaftarkan diri langsung di website Global Qurban http://bit.ly/agenglobalqurban.

Saat ini masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai Agen Qurban terus bertambah. Mereka berasal dari berbagai latar belakang. Misalnya saja mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja informal, dan sejumlah profesional yang terdampak pandemi.

Reporter: Chamdika Alifa
Editor: Muhammad Nashir
Copyright © 2020 suaramuslim.net

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.