Sereal dan susu. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Menjalani sahur selama bulan puasa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi anak kos. Kamu tidak hanya dituntut bisa bangun tidur sendiri, tapi juga menyiapkan makanan secara mandiri. Mengingat waktu yang sempit dan terbatasnya budget, alhasil anak kos sering terpaksa membuat makanan sahur dengan menu seadanya.

Nah, biar kamu kuat puasa seharian, yuk simak inspirasi menu makan sahur selama sebulan yang bervariasi ini.

1. Abon

Foto: rumahmesin.com

Salah satu menu sahur praktis untuk anak kosan adalah abon, terutama buat kamu yang suka malas dan nggak sempet masak. Meski cuma disantap dengan nasi putih hangat, tapi abon ini juga bisa jadi menu sahur kalau telat bangun. Pokoknya, pastiin dulu deh kamu udah siapin stok Abon untuk jadi menu sahur selama sebulan!

2. Sarden

Foto: Halodoc

Pilihan menu sarden pun juga bisa jadi menu sahur praktis andalan untuk anak kos. Kamu bisa beli berbagai rasa dan bumbu sarden yang sesuai dengan pilihan di supermarket. Praktis, tapi sarden juga bisa jadi menu sahur yang menggugah selera.

3. Oatmeal

Foto: Pixabay.com

Kalau kamu nggak memperhatikan kandungan makan sahur, biasanya tubuhmu akan mudah lapar. Nah, oatmeal bisa menjadi strategi untuk membuat tubuhmu kenyang lebih lama. Buktinya, diet oatmeal udah terkenal banget untuk orang-orang yang ingin menjaga berat badan dan menghindari camilan.

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, makanya nggak heran kalau diet oatmeal cukup efektif. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan potongan buah favorit.

4. Nasi dan telur

Foto: Herstory.co.id

Walaupun sangat simpel, menu populer ini tidak boleh dianggap remeh. Nasi memberi tubuh energi dari karbohidrat. Sementara itu, telur kaya akan protein dan lemak sehat yang akan diubah menjadi cadangan energi ketika karbohidrat sudah menipis.

Telur juga termasuk bahan yang gampang diolah. Kamu bisa memasak telur menjadi telur mata sapi, telur orak-arik, atau omelet dengan tambahan keju dan cacahan sayur untuk menambah nilai nutrisinya.

5. Sup sayuran

Foto: Youtube

Sup sayuran adalah menu sahur ideal untuk anak kos yang ingin makan lebih banyak serat. Menu ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, serta cairan yang akan mencegah kamu terkena dehidrasi saat berpuasa.

Sebelum tidur, masaklah kaldu, aneka sayuran favoritmu, dan bumbu-bumbu untuk menambah cita rasa. Kamu juga bisa menambahkan potongan ayam, daging sapi, telur puyuh, atau makanan hewani lainnya untuk mendapat asupan energi dari protein.

6. Capcay

Foto: womantalk.com

Seperti sup sayuran, capcay juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Asupan serat penting karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol gula darah, dan mencegah sembelit selama berpuasa.

Capcay juga merupakan alternatif untuk kamu yang menyukai masakan gurih, tapi ingin mengurangi konsumsi minyak. Agar olahan satu ini lebih menyehatkan lagi, kamu dapat mengganti minyak sayur dengan minyak kedelai, minyak jagung, atau cooking spray.

7. Sereal dan susu

Foto: Pixabay.com

Sereal bisa menjadi menu sahur darurat untuk anak kos yang telat bangun pagi. Cukup campurkan sereal dengan segelas susu hangat, dan menu sahur siap disantap. Meski sederhana, menu satu ini dapat memberikan tubuh energi dan serat.

Namun, perlu diingat bahwa kebanyakan produk sereal mengandung banyak gula. Jadi, pilihlah sereal dengan kandungan gula per sajian kurang dari lima gram dan serat lebih dari tiga gram. Batasi porsinya dan jangan mengonsumsinya setiap hari.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.