Menjadi Ayah Juara dengan Memasak

Suaramuslim.net – Biasanya, memasak adalah tugas seorang ibu. Namun untuk menjadi ayah muslim yang terbaik, ada baiknya Anda mulai belajar memasak dan sesekali terlibat di dalam menyajikan santapan untuk keluarga.

Anda tentu sering mendengar kisah sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbelanja kebutuhan rumah tangga atau kisah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang menjahit baju beliau sendiri. Mari berikan teladan yang baik kepada anak-anak tercinta, memasak juga bisa menjadi sarana ungkapan kasih sayang ayah untuk keluarga.

Menu istimewa ayah

Pilih waktu tertentu ketika ayah tidak sedang sibuk bekerja untuk menggantikan peran ibu atau asisten rumah tangga dalam menyajikan makanan bersama. Jadikan salah satu menu sebagai menu unggulan dari ayah. Menu istimewa yang menjadi kegemaran anggota keluarga, yang hanya disajikan oleh tangan ayah.

Perlihatkan kepada anak bahwa ayahlah yang memasak hari itu. Ketika anak-anak mencicipi masakan ayah maka mereka akan belajar bagaimana menghargai kerja keras. Mereka akan melihat bagaimana ayahnya membantu peran ibu, sehingga sang ibu bisa memiliki waktu istirahat dari kepenatan mengurus pekerjaan rumah tangga.

Baca Juga :  Menumbuhkan Gairah Belajar Bahasa Arab Bagi Anak

Apabila anak-anak kita sudah siap membantu memasak di dapur, biarkan mereka turut serta menyiapkan masakan hari itu. Saat anak-anak terlibat memasak bersama ayah, itulah waktu yang tepat untuk ngobrol atau diskusi menarik bersama anak-anak. Dari masalah yang ringan sampai serius yang sedang mereka hadapi. Bisa jadi, solusi masalah keluarga juga dapat dipecahkan di depan kompor dan periuk dapur.

Hadirkan Suasana Qurani di dapur

Jangan lupa bahwa suasana dapur dapat kita buat menjadi suasana untuk mengulang hafalan Al Quran sang ayah. Anak-anak dapat melihat ayahnya menyiapkan menu makanan sambil menghafal Al Quran. Ketika mereka melihatnya, secara tidak sadar mereka akan menirunya kelak, entah kapan. Bisa jadi, setelah dewasa dan menikah nanti, mereka akan memperlihatkan kebiasaan yang sama kepada anak-anaknya.

Lalu bagaimana jika sekarang anda adalah sosok ayah yang buta dapur dan sama sekali tidak bisa memasak? Belajarlah. Di era informasi ini, sangatlah mudah untuk menjadi seseorang yang dapat memasak. Anda bisa belajar melalui TV, internet maupun buku atau belajar langsung dari ibu anak-anak anda.

Baca Juga :  Dahsyatnya Pelukan Seorang Ayah

Jika seorang ayah mampu menyajikan menu yang istimewa, bisa jadi anak-anak tidak hanya akan rindu masakan ibunya tapi juga ayahnya. Jangan biarkan momen dapur ini hanya menjadi milik ibu, atau bahkan hanya milik asisten rumah tangga Anda. Selamat mencoba ayah juara!

Kontributor: Siti Aisy*
Editor: Oki Aryono

*Script writer dan audio editor

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.