Home Risalah Ibadah Inilah Ayat-Ayat yang Harus Dibaca Saat Ruqyah

Inilah Ayat-Ayat yang Harus Dibaca Saat Ruqyah

15
Ilustrasi Ruqyah. Ilustrator: Ana Fantofani
Ilustrasi Ruqyah. Ilustrator: Ana Fantofani

Suaramuslim.net – Ruqyah seringkali diartikan sebagai metode penyembuhan terhadap gangguan jin dengan bacaan Al Quran. Namun hati-hatilah terjerumus ke dalam kesyirikan  jika tidak sesuai syariat yang diajarkan.

Metode pengobatan alternatif non medis saat ini sudah banyak menjadi pilihan. Salah satunya ruqyah. Dalam bahasa Arab, ruqyah berarti metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada objek yang akan disembuhkan. Penyakit yang akan disembuhkan itu bisa karena ‘ain (mata hasad), sengatan hewan, racun/bisa,  sihir, gila, kerasukan dan gangguan jiwa.

Di dalam Islam, metode ruqyah sering dipakai untuk menyembuhkan jiwa-jiwa yang terkontaminasi oleh jin. Juga sebagai penjagaan diri terhadap serangan-serangan jahat dari luar, terkhusus yang sifatnya gaib. Meski demikian, ruqyah juga bisa diandalkan untuk pengobatan fisik lainnya.

Di dalam Islam, ruqyah dikenal dengan ruqyiah syar’iyah karena bacaan yang dipakai adalah ayat-ayat Al Quran dan sunnah-sunnah Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam.

Ruqyah sudah ada sejak zaman jahiliyyah. Masa sebelum kedatangan Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam. Sesudah kedatangan Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam, metode ruqyah diperbaharui dengan cara-cara Islami. Yaitu salah satunya adalah dengan membacakan surat An Naas dan Al Falaq.

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anhaa, beliau mengatakan bahwa Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wa sallam selalu membaca kedua surat tersebut dan meniupkannya ke telapak tangan kemudian mengusapkan ke kepala, wajah, dan anggota tubuhnya.

Baca Juga :  Cara Meruqyah Diri Sendiri, Begini Bacaannya

Hadist lain yang diriwayatkan oleh Abu Said, dia mengatakan, “Rasullullah shallalahu ‘alaihi wa sallam dahulu ketika berlindung dari pengaruh mata jin dan manusia, ketika turun dua surah tersebut (An Naas dan Al Falaq, red), Beliau mengganti dengan keduanya dan meninggalkannya.”(HR At-Tirmidzi).

Dari Auf bin Malik Al Asyja’i berkata, ”Dulu kami meruqyah di masa jahiliyah dan kami bertanya,’Wahai Rasullulah bagaimana pendapatmu?’ Maka Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Perlihatkan padaku ruqyah kalian. Tidak apa-apa dengan ruqyah jika tidak mengandung kemusyrikan.’” (HR. Muslim).

Ayat Ruqyah

Sebagai muslim, sudah sepatutnya kita mengimani hal ghaib, salah satunya bahwa Allah menciptakan jin. Kehidupan jin hampir sama dengan manusia yang mempunyai tempat tinggal, beranak-pinak, berkeluarga dan sebagainya. Ada beberapa golongan jin dan salah satunya adalah yang suka mengganggu manusia. Maka dari itu, perlu kiranya kita melindungi diri dari segala gangguan jin dengan menggunakan ayat- ayat Al Quran sebagai perisai manusia yang beriman.

Dilansir dari situs terapiislamdotcom menyebutkan beberapa ayat- ayat Al Quran yang bisa diamalkan sebagai benteng diri, yaitu:

  1. Surat al Fatihah atau biasa disebut sebagai Ummul Kitab.

    Surat ini dikenal sebagai penawar seribu guna. Surat ini biasa dibaca setelah sholat fardhu dan tetapkan niat kita agar Allah subhanahu wa ta’ala melindungi kita dari gangguan jin dan setan.

  2. Al- Mu’awwizat adalah sebutan dari surat yang biasa dipanggil sebagai 3 Qul.

    Mereka terdiri dari Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naa Ketiga surat tersebut sering diamalkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap malam atau menjelang tidur. Manfaat dari ketiga surat ini yaitu sebagai pendingin dari gangguan jin dan syaitan sampai saat bangun tidur.

  3. Ayat Kursi

    Mempunyai fungsi yang sama dengan Al- Mu’awwizat. Lebih afdhal jika dibaca selepas shalat subuh dan ashar.

  4. Surat Yasin ayat 1-9

    Berfungsi sebagai benteng diri dan pendingin kediaman rumah kita.

Keempat surat di atas, alangkah baiknya jika kita senantiasa mengamalkannya setiap hari agar terhindar dari segala gangguan jin, setan ataupun sihir.

Kontributor: Yetty
Editor: Muhammad Nashir

15 COMMENTS

  1. Assalamuallaikum.wr.rb
    Saya Mau tanya Abang temen saya dia kaki nya sakit setiap jam 10 malam sudah dibawa kemana” tapi ttp masih sakit
    Saya minta bantuannya ustadz
    Untuk ruqiah mandirinya
    Atau pake metode lainnya?

    • Bacakan ayat kursi berulang kali, sambil diusap minyak habbatussauda/bidara, dan istighfar yang banyak sambil konsultasi ke dokter. Semoga lekas sehat insya Allah.

  2. Assalamualaikum wr wb..pak ustad sy mau nanya anak sy sakit sariawan terus ga sembuh2 sudah bertahun2 dr msh bujang smp sudah menikah blm sembuh jg skt sariawan nya ga normal krn sudah brobat kmna2 ga bs sembuh sy kawatir ada jin penyakit yg bersarang d rongga mulut nya sy sebagai ibu sangat sedih sekali ga tega hati ini..yg sy tanya kan gmna cara meruqyah nya ..trus baca ayat apa aja yg hrs d baca..apakah sy ibu nya yg baca atau anak sy sendiri mohon jawaban nya..kasian anak sy yg menderita susah mkn dan minum ..trimakasih

    • Waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh,

      Ruqyah bisa dibacakan albaqoroh full selama 7 hari. Sehari hatam, dibaca sendiri lebih baik.Atau dengarkan kerabatnya yg bacakan jika gak sanggup.

      Minum air daun bidara / jus daun bidara, selama 7 hari

      Bisa juga.
      Jus pisang Ambon plus bawang putih sedikit.

      Muhasabah juga, mungkin ada dosa yg berkaitan dg sekitar mulut. Harus tobat juga kalau ada dosa mulut.

      Semoga lekas sembuh insya Allah

  3. assalamu’alaikum wr.wb ..
    Saya mau tanya, untuk ruqyah syar’i itu bisa ditujukan untuk orang jarak jauh? misal sedang di luar kota.
    Terima kasih

    • Kaidah ruqyah itu ada dua: memenuhi unsur syariat dan terbebas kesyirikan.

      Ruqyah jarak jauh itu mengandung beberapa masalah:
      -Di ruqyah jarak jauh lalu bereaksi sehingga peruqyah tidak mampu menanganinya atau reaksi tersebut melampaui kemampuan peruqyah, itu adalah sesuatu yang membawa mudharat.
      -Ruqyah jarak jauh itu tidak dianjurkan karena prinsipnya ruqyah itu adalah dakwah. Targetnya bukan sekadar pengobatan, tapi lebih pada penguatan keimanan. Dengan pertemuan muallij (penerapi ruqyah) diharapkan mampu memberi tausiyah sesuai dengan kondisi yang bersangkutan. Maka sang peruqyah harus proporsional dalam memberi arahan, saran, kiat dan terapi dengan kondisi pasien sebagaimana dokter memberi dosis yang tepat dengan sang pasien.

    • Assalamualaikum ustad ana mau konsul , kenapa ya rasa malu ana berlebihan , apalagi di kala mau menjadi imam sholat ataupun adzan , seketika nafas jadi serasa tidak bisa bernafas bibir menjadi kaku dada bergetar kencang , mohon pencerahannya ,terimakasi.

      • Bacakan 10 ayat awal Al Baqoroh dan setelah selesai tepuk dada dan juga diusap. Hilangkan mental block (merasa kalah atau merasa lemah padahal belum berusaha), dan hapuskan trauma lama. Banyaklah minta masukan dan nasihat orang udah melalui jatuh bangun dalam kehidupan. Biasanya banyak motivasi di sana. Semoga bermanfaat. Semoga lekas sehat insya Allah.

  4. اسسلام عليكم ورحمة الله وبركاته ustadz ijin amalan ilmunya sy ada teman yg dia sangka dirinya terkena guna2 krn persaingan usaha ia nagih utang eh ga bayar malah dia guna2 temanku barng kali ustadz berkenan minta ijajahnya وسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

  5. Assalamualaikum wr.wb
    Saya mau tanya.
    Bacaan ayat ayat ruqyah dari awal sampai dgn selesai
    Dan jg menggunakan segelas air?
    Assalamualaikum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.