Home Headline Bajumu Apek? Lakukan 7 Cara Ini untuk Hilangkan Bau Apek

Bajumu Apek? Lakukan 7 Cara Ini untuk Hilangkan Bau Apek

0
Ilustrasi pakaian yang sedang dijemur. Ils: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Sudah memasuki musim hujan nih. Biasanya di musim hujan seperti ini baju susah kering ketika selesai di cuci, dan akibatnya bajupun jadi bau apek. Kamu pun jadi malas mengenakannya dan harus mencucinya kembali. Tapi bau masih suka datang walaupun pakaian sudah dicuci kembali.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeringkan baju ketika musim hujan, cara ini mudah dan sederhana, bahkan ada beberapa orang yang tidak menyadarinya. Bingung bagaimana cara menghilangkannya? Yuk, simak ulasan suaramuslim.net di bawah ini.

1. Taburkan baking soda untuk hilangkan bau apek

Memang, mencuci lagi pakaian yang bau apek karena tidak sepenuhnya kering sangatlah melelahkan. Belum tentu juga, bau apeknya akan hilang setelah dicuci. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan baking soda yang ada di rumah, nih.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah, bentangkan pakaian yang berbau apek di atas meja. Pastikan tidak ada sisi-sisi pakaian yang terlipat ya. Lalu, kamu bisa menamburkan baking soda pada keseluruhan sisi pakaian tersebut.

2. Memberi pewangi dan pelembut pakaian

Berilah pewangi dan pelembut sesuai selera. Selain menambahkan keharuman pada pakaian, pelembut juga memiliki ekstrak untuk mengeringkan pakaian lebih cepat.

3. Rendam dalam larutan dan perasan lemon

Lemon banyak manfaatnya. Salah satunya yaitu untuk mengatasi bau apek pada pakaian. Kamu bisa merendam pakaian yang berbau apek ke dalam larutan deterjen yang dicampur dengan air perasan lemon.

Gunakan setengah gelas air perasan lemon untuk setiap 1 sendok takar deterjen. Lalu rendamlah pakaian sesuai dengan saran perendaman yang tertera pada bungkus deterjen. Kemudian cuci seperti biasa dan jemur dibawah terik matahari supaya pakaian kering dengan baik. Jika yang kamu gunakan adalah deterjen bubuk, maka kamu harus benar-benar mengucek deterjen bubuk sampai benar-benar larut didalam air. Supaya tidak ada deterjen yang menggumpal, karena hal ini bisa meninggalkan noda putih pada pakaian.

4. Menggunakan cuka dan deterjen

Pakaian yang terlalu lama disimpan dilemari atau mungkin saja kamu kelupaan dengan pakaian yang direndam berhari-hari biasanya akan menjadi bau. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan cuka. Larutkan dua sendok makan cuka kedalam ember berisi air hangat dan deterjen. Aduk sampai semua bahan larut dengan benar.

Masukanlah pakaian yang berbau apek ke dalam larutan cuka tersebut. Rendamlah selama 15-30 menit. Kemudian cuci seperti biasa. Bilaslah berkali-kali sampai tidak ada lagi deterjen yang menempel pada pakaian. Lalu bilas kembali dengan larutan pewangi pakaian yang mengandung anti bakteri.

5. Simpan baju ke dalam freezer kulkas

Siapa bilang freezer fungsinya bisa buat es batu dan mendinginkan makanan atau minuman saja? Jangan salah! Usut punya usut nih pakaian kita juga bisa kering dengan freezer. 

Caranya cukup mudah siapkan pakaian yang belum kering tersebut lalu lipat dengan baik, bungkus dengan handuk kering lalu masukkan bungkusan baju tersebut ke dalam freezer kira-kira selama 8 jam. 

Setelah itu jemur seperti biasa dalam rumah. Dengan cara seperti ini baju akan bebas apek dan jamur.

6. Pakai hair dryer

Jika cukup satu atau dua saja untuk mengeringkan baju dengan cepat, kamu bisa pakai alat rambut yang namanya hair dryer ini dengan angin dingin supaya cepat kering dan berbau apek.

7. Jangan setrika baju saat tidak kering

Setrika memang menimbulkan panas tapi kalau baju anda belum kering di setrika bau apek akan semakin muncul dan bakteri akan menempel disana. Jadi jangan lakukan daripada sia-sia. Lakukan saja cara-cara seperti sebelumnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.