Banjir Bandang Bondowoso Melanda Satu Desa, BNPB Ungkap Penyebabnya

Banjir Bandang Bondowoso Melanda Satu Desa, BNPB Ungkap Penyebabnya

Banjir Bondowoso, foto: BNPB

BONDOWOSO (Suaramuslim.net) – Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah pegunungan Ijen hingga memicu banjir bandang pada Rabu (29/1). Pantaun sementara BPBD setempat menyebutkan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karthutla) 2019 lalu di wilayah hulu atau pegunungan Ijen menjadi faktor kejadian banjir bandang tersebut.

Banjir ini melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur sekitar pukul 13.00 WIB.

“Kami mencatat sebanyak 200 keluarga terdampak banjir dan mereka mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat terdekat. Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi kurang lebih 60 cm,” ujar Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB dalam keterangan resminya, Rabu (29/1).

Pascakejadian, Tim Reaksi Cepat BPBD Bondowoso melakukan kaji cepat, evakuasi korban dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Sehubungan dengan prakiraan cuaca, BMKG memonitor wilayah Jawa Timur pada status ‘Waspada.’ Prakiraan yang berlaku pada 29 Januari 2020, pukul 07.00 WIB hingga 30 Januari 2020, pukul 07.00 WIB, hujan lebat berpotensi terjadi di provinsi ini.” Pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.