Begini Trik Hadapi Karyawan yang Lebih Tua dari Anda

Suaramuslim.net – Di balik kesuksesan tim, ada orang-orang hebat di dalamnya. Dalam tim, seringkali didapati manajer yang lebih muda daripada karyawannya. Agar manajer tak merasa canggung, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Para manajer muda biasanya akan merasa canggung ketika dihadapkan oleh karyawan yang lebih tua darinya. Bingung bagaimana memakai otoritas dari jabatan yang dimiliki. Jika keterusan, hal ini dapat menjadi masalah, menghambat komunikasi atau kritik yang diperlukan.

Bila Anda sedang merasa di posisi tersebut, beberapa trik ini bisa dilakukan dikutip dari Business Insider.

Pahami Kenapa Anda Dipilih Posisi Ini

Hal yang paling dasar untuk dilakukan adalah memahami diri sendiri. Pahami dulu mengapa Anda dipilih memegang posisi dan jabatan yang penting. Dikatakan oleh Juliet Hailstone, seorang Senior Product Marketing Manager di Inggris bahwa dengan memahami diri sendiri dapat melatih rasa empati Anda.

Yang jelas, jika Anda dipercaya memegang posisi ini berarti Anda memiliki kemampuan yang mumpuni. Jangan terlalu memamerkan posisi Anda sekarang kepada para karyawan senior.

Baca Juga :  Beginilah Suasana Kantor yang Memacu Kinerja Karyawan

“Penting untuk diingat bahwa Anda diminta mengelola tim karena sebuah alasan. Anda memiliki kemampuan dan telah membuktikannya. Bersabarlah dan bergeraklah secara progresif untuk mendukung tujuan yang ingin dicapai,” jelasnya.

Fokus pada Tugas Anda

Memimpin suatu tim yang memiliki banyak orang yang lebih tua dari Anda memang bukan hal yang mudah. Hal tersebut dapat membuat Anda kebingungan untuk menjalankan tugas.

Namun, tugas tetaplah tugas. Sebagai manajer, Anda harus menyampaikan pada tim apa saja yang harus dicapai. Gunakan gaya kepemimpinan yang lebih demokratis untuk meminimalisasi gesekan dalam tim Anda.

“Fokus kepada tugas ketimbang jabatan, bisa menghilangkan ketidakpastian dan emosi negatif dalam tim,” papar Hailstone.

Jangan Remehkan Siapapun

Meski Anda dipercaya memegang jabatan karena kemampuan yang Anda miliki, tetap jangan remehkan siapapun. Meski itu karyawan yang lebih tua dengan jabatan di bawah Anda.

Pengalaman mereka bisa jadi lebih banyak dan kaya dari Anda. Ini dapat menjadi hal berharga di masa depan untuk tim Anda. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mempertimbangkan segala hal bernilai yang tersedia.

Baca Juga :  3 Tips Puasa Ramadhan Aman bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

“Dengan mengakui kekuatan anggota tim, Anda bisa mengenali dan memahami betapa pentingnya mereka,” kata Marketing Director, Mitrefinch Ltd, Inggris itu.

Pahami Apa yang Dapat Menjadi Motivasi Tim

Sebuah tim harus disatukan dengan motivasi khusus agar mencapai tujuan. Meski terdapat banyak pemikiran, sudut pandang, pengalaman, tetaplah mereka harus memiliki satu tujuan.

Untuk itu, sebagai manajer Anda juga harus memahami apa yang dapat memotivasi tiap anggota tim untuk bekerja keras. Hal ini dilakukan agar dalam tim dapat menjalin iklim kerjasama dan kerja keras yang baik.

Bukti Kesuksesan Tim adalah Hasil Akhir

Hasil akhir yang sukses dapat menjadi bukti pada tim. Inilah mengapa Anda dipercaya untuk memegang suatu jabatan. Kemampuan Anda untuk memberi hasil akhir yang sukses.

Namun perlu di ingat kembali, hasil kesuksesan tersebut tak lepas dari kerja keras anggota tim Anda. Hal inilah yang sangat berharga dan dapat membantu untuk mencapai hasil akhir yang sukses.

“Dengan inisiatif dan perencanaan yang jelas untuk mendorong pada kesuksesan, Anda tidak perlu merasa terintimidasi oleh orang yang lebih muda maupun tua,” ujar Hailstone.

Baca Juga :  Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang

Kontributor: Ilham Prahardani

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.