Febriana Maharani (Dua dari kiri) selaku koordinator OWOJ Jatim, foto: Teguh/Suaramuslim.net

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Tumbuhnya komunitas-komunitas mutakhir memantik berbagai kalangan untuk membuat komunitas serupa. Ada komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan, pelatihan, bisnis, dan dalam bidang pengajaran agama.

Hal itu pula yang digagas Tati Hartati dan Febriana Maharani selaku koordinator Jatim untuk membuat komunitas bernama One Week One Juz (OWOJ) yang bergerak dalam bidang keistiqamahan membaca Al-Qur’an minimal 1 juz dalam satu minggu sekaligus mentadabburi maknanya.

Saat ini komunitas yang sudah punya anggota se-Jawa Timur ini sudah memasuki tahun ke 3 sejak kelahirannya dan melaksanakan silaturahim akbar di masjid Al Akbar Surabaya.

“Ini acara kami yang ketiga, kami mengundang anggota-anggota komunitas kami yang tergabung dalam OWOJ, selain silaturahim dan halalbihalal, agar bertemu satu sama lain, karena selama ini kami hanya bertemu melalui media sosial,” ujar Febri, selaku koordinator OWOJ Jatim saat ditemui Suaramuslim.net di sela acara, Ahad (14/7).

Febri melanjutkan, menurutnya saat ini anggotanya sudah lebih dari 1000 orang yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur.

“Alhamdulillah kini anggotanya sudah lebih dari 1000-an orang yang kebanyakan berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Kediri, Malang, Banyuwangi, Jember. Kita juga sudah ada 30 grup lebih untuk mengecek para anggota sudah membaca Al Qur’an,” tambahnya.

Cara komunitas OWOJ bergerak sendiri yakni bukan sering tatap langsung, namun lebih di media sosial. Membuat grup-grup kecil, kemudian setiap anggota satu minggu sekali melaporkan di grup WA sudah membaca atau tidaknya.

Saat ditanya mengenai cara agar semua anggotanya terus membaca Al Qur’an, Febri mengungkapkan resepnya.

“Intinya kita saling melengkapi, tidak pernah memarahi bila ada anggota yang belum membaca, namun kita rangkul, sama-sama saling melengkapi,” pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.