Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada Orang Tua

Suaramuslim.net – Orang tua adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang cintanya tanpa syarat. Sebagai anak, kita wajib berbakti kepada orang tua untuk membalas kebaikan yang begitu besar. Ada beberapa hadits yang menerangkan tentang berbakti kepada orang tua, yaitu sebagai berikut.

“Maukah kamu saya terangkan tentang dosa yang besar? Mereka menjawab, ‘Mau!’ Maka berkatalah Rasulullah, ‘Menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua, dan omongan dusta serta saksi dusta.'” (H.R. Bukhari Muslim)

Durhaka merupakan dosa besar yang sangat dibenci Allah dan tentunya anak durhaka akan diazab oleh-Nya entah ketika masih di dunia atau di akhirat.

“Semua dosa akan ditangguhkan Allah subhanahu wa ta’ala sampai hari kiamat, kecuali durhaka kepada kedua orang tua, maka sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala akan menyegerakan balasan kepada pelakunya di dunia sebelum meninggal.” (HR Hakim)

Perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anaknya sangatlah luar biasa.

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada ibu bapaknya. Ibunya telah mengandung dia dengan susah payah, melahirkan, dan menyusui selama 30 bulan.” (Q.S. Al-Ahqaf [46] : 16)

Cara Berbakti kepada Orang Tua

Mengutip dari buku “Notes From Qatar 1 : Positive, Persistence, Pray” karya Muhammad Assad, dia mengutarakan pendapatnya lewat buku itu tentang cara berbakti kepada orang tua. Antara lain:

  1. Selalu mendoakan. Kita semua pasti ingin kedua orang tua kita masuk surga. Salah satu senjata ampuhnya adalah senantiasa mendoakannya.

“Apabila anak Adam meninggal, maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara: amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan orang tuanya.” (H.R. Abu Hurairah)

2. Jangan mengecewakan. Orang tua sudah bersusah payah untuk kita. Sebagai balasannya jangan pernah mengecewakan, apalagi membuat malu nama keluarga dengan sikap kita.

3. Belikan sesuatu jika bepergian. “Sesuatu” ini tidak perlu mahal, karena yang terpenting dan poinnya adalah bentuk perhatian kita.

4. Jangan mengucap kata-kata kasar.

5. Bersikap terbuka. Biasakan bercerita kepada orang tua tentang masalah kita, karena mereka yang pasti akan berdiri pertama kali untuk mendukung dan membela kita.

6. Selalu membantu, baik diminta maupun tidak. Bentuk pertolongan kita, apapun itu, pasti akan membahagiakan orang tua.

7. Umrah atau Haji-kan jika sudah mampu. Kalau sudah punya rezeki yang cukup dan sudah mempunyai pekerjaan atau bisnis yang mapan, ya bolehlah kita berikan tiket pergi-pulang berangkat umrah atau haji. Harta kita pasti akan makin berkah.

Nah, itulah beberapa cara berbakti kepada orang tua dari buku “Notes From Qatar : Positive, Persistence, Pray” yang banyak mengandung nilai-nilai Islam yang bermanfaat untuk kita. Pada akhirnya, tujuan utama mengapa kita harus berbakti kepada orang tua adalah karena rida Allah ada di rida orang tua. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Anggun Hapsari
Editor: Oki Aryono

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!