Bersyukur dan Bersabar

Suaramuslim.net – Diriwayatkan bahwa Imran bin Hathan wajahnya buruk namun demikian ia mempunyai seorang istri yang sangat cantik. Suatu saat istrinya melihat kepada suaminya dan berkata, “Alhamdulillah.” Imran penasaran dan bertanya, ”Kenapa dinda memuji Allah subhanahu wa ta’ala?” Sang istri menjawab, ”Aku dan kanda kelak akan berada di surga.” Imran semakin penasaran, ”Kenapa?” Sang istri menjawab, ”Karena engkau telah diberi rezeki istri seperti diriku, lalu engkau mensyukurinya dan aku telah diberi rezeki suami seperti dirimu, lalu aku bersabar. Bukankah orang yang bersyukur dan bersabar keduanya berada di surga…”

Kisah tersebut adalah salah satu kisah menarik yang terdapat dalam buku ‘Suami Istri Berkarakter Surgawi’ karya Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Syarawi. Adalah sebuah keindahan apabila kita dapat mensyukuri sekaligus bersabar terhadap pasangan kita. Bersyukur atas segala kelebihannya dan bersabar atas segala kekurangannya, karena itulah manusia dan karena seperti itulah diri kita.

Pasangan kita adalah pakaian yang menutupi kekurangan dan memperindah kelebihan kita, demikian pula sebaliknya. Maka baik buruknya pasangan kita adalah baik buruknya kita juga. Karena pakaian mencerminkan diri dan jiwa kita. Kebaikannya harus disyukuri, keburukannya adalah cerminan kita yang harus diperbaiki. Hal ini tersirat dari ayat berikut,

Baca Juga :  Filosofi Hidup: Bermain Dadukah Tuhan?

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.” (QS Al Baqarah: 187)

Semoga kita semua diberkahi rumah tangga yang bahagia dan membahagiakan. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here