Bertemu Wapres Ma’ruf Amin, Myanmar Yakinkan Keamanan Rohingya

Bertemu Wapres Ma’ruf Amin, Myanmar Yakinkan Keamanan Rohingya

Bertemu Wapres Ma'ruf Amin, Myanmar Yakinkan Keamanan Rohingya
Setelah mengunjungi kamp-kamp Rohingya di Cox's Bazar yang menampung lebih dari 1,1 juta warga Myanmar yang dipindahkan secara paksa, Senator Negara Bagian New York berencana untuk meminta kolega federal mereka untuk lebih berupaya memastikan pemulangan kembali Rohingya yang berkelanjutan dari Bangladesh. (Foto: The Daily Star)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Pemerintah Myanmar yang diwakili oleh Dubesnya Ei Ei Khin Aye dalam pertemuan dengan Wapres Ma’ruf Amin, menyebutkan telah membicarakan tentang penanganan etnis Rohingnya.

Pihaknya siap mendukung keputusan KTT Asean dan memberikan jaminan keamanan.

“Kami telah menjanjikan tentang keamanan bagi mereka para pengungsi, tapi masalahnya adalah kapan repatriasi dimulai, di mana repatriasi itu akan dimulai,” ucapnya di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (18/11).

Sebelumnya dalam KTT Asean ke-35 di Bangkok, Thailand, pada awal November 2019 dihasilkan kesepakatan untuk mendorong pembentukan gugus tugas ad hoc yang diharapkan bisa membantu percepatan repatriasi.

Selain itu, Aye juga mengharapkan dapat meningkatkan hubungan dagang dengan Indonesia.

Duta Besar Myanmar Ei Ei Khin Aye menyebutkan kerja sama perdagangan antarkedua negara terus meningkat. Saat ini nilai perdagangan kedua negara mencapai US$1 miliar.

“Memang nilai itu belum besar, tapi saya rasa kita dalam level yang signifikan. Jadi, pertemuan dengan Wapres Ma’ruf ini tentang bagaimana meningkatkan volume perdagangan, investasi, dan juga hubungan bisnis,” kata Aye.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!