Ilustrasi air di dalam gelas. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Orang sering kali lupa menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Rutinitas kerja yang tak bisa ditunda menjadi salah satu penyebab kamu kurang minum air putih. Idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh.

Jadi air yang kamu minum itu akan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.  

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan, sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga :  Fitness, Tak Hanya Memperbesar Otot

Ada berbagai macam rasa dan warna air yang biasa kamu konsumsi. Namun air putih merupakan air yang paling gampang kamu dapatkan yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat banyak minum air putih sekaligus alasan mengapa tubuh kita membutuhkan air putih.

1. Menjaga metabolisme dan mencegah gangguan pencernaan

Di samping manfaatnya dalam mengendalikan asupan kalori, konsumsi air minum juga membantu membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme. Mekanisme yang terjadi dalam proses ini dikenal dengan istilah resting energy expenditure (REE) di mana tubuh tetap membakar kalori saat tubuh sedang tidak beraktivitas fisik atau saat beristirahat. Metabolisme yang konstan akan sangat membantu dalam menurunkan berat, terutama saat kita tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

Suatu studi efek metabolisme dari konsumsi air minum pada orang sehat menunjukkan, konsumsi air minum sebanyak 500 ml saja dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24% dari kondisi normal. Peningkatan metabolisme ini dapat bertahan sekitar 60 menit setelah konsumsi air minum. Efek serupa juga diobservasi dalam suatu penelitian terhadap anak-anak yang mengalami obesitas, dengan menyesuaikan volume konsumsi air minum 10 ml/kg dapat meningkatkan metabolisme sebesar 25% yang berlangsung 40 menit.

Baca Juga :  Mengenal 11 Manfaat Mengagumkan Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh

2. Membantu menghilangkan racun dalam tubuh

Tubuh kita mengandung 80% air, sehingga kita tentu memerlukan air untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya. Saat kamu minum, sebenarnya kamu tidak hanya memuaskan dahaga, tetapi juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Saat kamu ingin mengeluarkan racun dari tubuh, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada rekomendasi biasanya.

Minum 8-10 gelas air putih per hari sudah cukup dalam menyediakan air untuk tubuh, tetapi kamu perlu menambah konsumsi air saat kamu melakukan detoksifikasi. Namun, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan ukuran tubuh. Kebutuhan cairan seseorang juga akan meningkat saat ia lebih banyak melakukan aktivitas fisik.

3. Menyehatkan kulit dan rambut

Ketika kamu tidak minum cukup, tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi membawa banyak malapetaka pada sistem tubuh. Kamu bisa menjadi lelah, kekurangan energi untuk melakukan tugas, mengalami sakit kepala, dan tekanan darah turun. Namun minum air punya manfaat lebih selain menjaga tubuh sehat, itu juga bagus untuk kulit dan rambut.

Baca Juga :  Mau Wajahmu Bersinar? Yuk Intip Resep Masker Wajah Alami Ini

Kulit kamu memiliki penghalang alami yang mempertahankan kelembaban tubuh. Jika fungsi penghalang ini terganggu, kulit mungkin menjadi kering dan sensitif. Ketika kamu mengabaikan hidrasi, kulit tidak dapat melakukan yang terbaik, yang menyebabkan penuaan dini dan kulit kering. Jika tidak cukup terhidrasi, mau pakai produk perawatan kulit semahal apapun belum tentu efektif.

Hidrasi tidak hanya memengaruhi kulit, itu juga memengaruhi kesehatan rambut. Saat tubuh kekurangan cairan, rambut akan melemah dan rentan terhadap kerusakan. Produk yang kamu gunakan di rambut akan tampil lebih baik jika rambut kamu juga sehat.

4. Menghilangkan mual ibu hamil

Selama hamil, calon ibu harus minum lebih banyak air dari saran normal sebanyak 8 gelas per hari. Sebab selama hamil, wanita menjadi lebih sering ke kamar mandi karena kandung kemih tertekan oleh janin. Kondisi tersebut terutama dialami oleh wanita yang hamil tua. Bagaimana caranya agar ibu hamil bisa minum banyak air setiap hari? Tidak perlu bingung, Bunda bisa menyiasatinya dengan berbagai trik, kok.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.