BMKG Selama Oktober, Curah Hujan Sedang Terjadi di Indonesia Bagian Utara
Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 dengan tema "Penanganan Bencana" bertempat di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (2/10). (Foto: FMB9)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama bulan Oktober 2019 curah hujan di seluruh wilayah Indonesia masih dalam kategori rendah hingga sedang, kategori sedang terjadi di sebagian wilayah utara.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 dengan tema “Penanganan Bencana” bertempat di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (2/10).

“Ini perkiraan kami sampai satu bulan ke depan, daerah yang berpotensi hujan itu Aceh dan Sumatra Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua. Dan potensi hujan untuk daerah Lampung masih rendah di bulan Oktober ini. Bukan berarti tidak ada hujan, hanya intensitasnya masih rendah,” jelas Indra Gustari.

Sementara untuk prediksi enam bulan ke depan, menurutnya, musim hujan akan terjadi merata di Indonesia mulai bulan November, puncak musim hujan terjadi pada Januari dan Februari 2020.

“Di November sebagian Jawa sudah mulai hujan walaupun kriterianya menengah. Desember sebagian besar sudah masuk hujan. Sedangkan Januari sampai Februari adalah sebagai puncak musim hujan tahun 2019-2020. Sedangkan di Februari-Maret curah hujannya makin tinggi tapi Sumatra bagian utara mulai menurun,” papar Indra Gustari.

Baca Juga :  BMKG: Ada Bibit Siklon di Laut Timor

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.