Bupati Lumajang dan FOZ Jatim kolaborasi bangun musholla pasca gempa

Bupati Lumajang dan FOZ Jatim kolaborasi bangun musholla pasca gempa

Bupati Lumajang bersama FOZ Jatim meresmikan pembangunan dua musholla terdampak gempa di Lumajang, Sabtu (25/9/21).

LUMAJANG (Suaramuslim.net) – Masih segar dalam ingatan terkait gempa yang menerjang beberapa wilayah di Lumajang. Puluhan rumah, fasilitas umum, dan masjid rusak porak-poranda.

Hal itu yang menyebabkan banyak masyarakat kehilangan harta benda. Beberapa masyarakat juga belum bisa beribadah di musholla seperti sebelumnya.

Mengetahui hal tersebut, Forum Organisasi Zakat (FOZ) Jawa Timur bersama Bupati Lumajang membangun kembali dua bangunan tempat ibadah sekaligus meresmikan pembangunan bersama warga dua desa di Lumajang, Jatim, setelah direnovasi total karena gempa pada April lalu, Sabtu (25/9).

Dua unit bangunan itu adalah musholla Darussalam di Desa Kaliuling  dan musholla Amanah FOZ di Desa Kalirejo, Kecamatan Tempursari.

Pembangunan dua musholla itu menghabiskan dana Rp105 juta lebih, yang diperoleh dari donasi masyarakat yang dihimpun 24 organisasi lembaga pengelola zakat anggota FOZ Jatim.

Ketua FOZ Jatim Kholaf Hibatullah mengatakan, pembangunan dua musholla itu merupakan hasil gotong royong bersama anggota FOZ yang menghimpun donasi dari masyarakat pasca gempa yang terjadi pada April lalu.

“Ini bagian dari sinergi kami dalam mendukung pemulihan pasca gempa, selain bantuan tanggap darurat saat terjadi bencana kemarin,” kata Kholaf saat meresmikan bersama Bupati Lumajang di lokasi, Sabtu (25/9/21).

Kholaf menjelaskan, sebelum dibangun seperti sekarang, kondisi dua musholla tersebut rusak 85 persen akibat goncangan gempa. Sehingga kondisinya hampir rata dengan tanah.

24 lembaga amil zakat yang bersinergi itu antara lain Sahabat Mustahiq, Laz Sidogiri, Taman Zakat, Saku Yatim, LMI, Lazismu, Nurul Hayat, BMH, Yatim Mandiri dan Lazisnu. Selain itu, juga ada Baznas Lumajang, YDSF, Bina Mulia, Dompet Quran, Rumah Zakat, Laz Al Azhar, Laznas Dewan Da’wah, Dompet Dhuafa, Laz DAU juga Laz Nurul Fikri serta beberapa lembaga lainnya.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat meresmikan bantuan mengatakan agar musholla dimanfaatkan dan dimakmurkan dengan kegiatan bersama warga.

Matur suwun FOZ Jatim yang telah menginisiasi bantuan ini dan kepedulian bersama untuk membantu warga terdampak gempa. Ini sinergi yang luar biasa,” kata Bupati Thoriqul Haq.

Pada kesempatan itu juga diserahkan 403 paket sembako untuk masyarakat dhuafa dan santunan anak yatim.

Reporter: Dani Rohmati
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.