Wanita berhijab sedang menggunakan make up Foto: parenting.dream.co.id

Suaramuslim.net – Selama menjalani masa kehamilan banyak ibu hamil yang mulai mengeluh dengan noda-noda hitam di kulit. Kondisi flek noda hitam ini disebut sebagai melasma atau dikenal dengan nama ‘topeng kehamilan.’

Noda hitam melasma ini kerap muncul di beberapa bagian seperti di pipi, hidung, dahi, dagu dan di atas bibir. Tak jarang melasma juga terdapat pada bagian yang terpapar oleh sinar matahari yaitu bagian leher dan lengan. 

Melasma adalah artinya ada sedikit bercak yang lebih gelap daripada bagian wajah lainnya. Menurut American Academy of Dermatology(AAD), melasma terjadi ketika kulit memiliki terlalu banyak melanin. Tidak jelas apa penyebab melasma sebenarnya, tetapi pada umumnya melasma disebabkan beberapa faktor, seperti sinar matahari, kerusakan ringan karena menatap komputer sepanjang hari, dan kehamilan.

50–70 persen bumil alami melasma

Melasma atau chloasma sebagian besar muncul di wajah, di daerah yang sering terkena sinar matahari, seperti pipi, hidung, bibir atas, dan dahi. Terkadang ibu hamil (bumil) juga bisa mendapatkannya di dada atau lengan, tetapi itu tidak biasa. Bercak melasma biasanya simetris, muncul di kedua sisi wajah. 

Lima puluh hingga tujuh puluh persen wanita hamil akan mengalami chloasma. Ini terlihat lebih sering pada orang dengan warna kulit lebih gelap, terutama mereka yang memiliki latar belakang Asia, Mediterania, atau Latin.

Bagaimana cara membantu mencegah melasma semakin parah di masa kehamilan? Bumil bisa menerapkan langkah-langkah berikut: 

1. Gunakan pembersihan wajah yang baik 

Polusi lingkungan dapat berkontribusi terhadap melasma. Polutan di udara dapat mengikat kulit dan merusak permukaan pelindung membuatnya lebih lemah dan lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Bersihkan kulit setiap malam sebelum tidur dengan pembersih yang benar-benar dapat menghilangkan partikel dan membantu melindungi kulit.

2. Memerangi stres kulit dengan antioksidan

Vitamin C dan E dapat membantu menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, oleskan beberapa tetes serum yang mengandung vitamin ini untuk meningkatkan kesehatan kulit dan menangkal efek berbahaya dari paparan sinar matahari.

3. Melembapkan kulit secara teratur

Gunakan pelembap yang baik setelah serum untuk mengembalikan penghalang lemak (lemak) kulit yang membantu melindunginya dari kerusakan.

4. Sabar

Bahkan dengan perawatan, mungkin perlu berbulan-bulan untuk membersihkan melasma. Tidak ada perbaikan dalam semalam. Melasma akan cepat kembali jika bumil tidak berhati-hati tentang perlindungan sinar matahari. Jadi, perawatan jangka panjang membutuhkan komitmen berkelanjutan untuk melindungi kulit.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.