Cheesecake, Dessert Lembut Penggugah Selera
Cheesecake (Foto: Onceuponachef.com)

Suaramuslim.net – Kamu pecinta keju? Atau Kamu selalu menyiapkan ruang untuk hidangan pencuci mulut ? Bila iya, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan dessert yang sedang naik daun saat ini, Cheesecake. Kue yang teksturnya creamy, dengan rasa yang lembut, dan kaya perpaduan antara susu dengan keju yang mampu memanjakan lidah penikmatnya. Sekarang ini kamu bisa menemukannya tidak hanya di supermarket besar saja, bahkan di kafe – kafe kecil pun sudah banyak yang menjualnya. Kemasan penjualannya beragam, mulai dari sajian per potong, per cup, hingga full satu loyang pun ada.

Hidangan pencuci mulut yang satu ini biasanya menggunakan bahan – bahan yang terbuat dari keju, susu, telur, dan gula. Namun, saat ini sudah banyak inovasi bahan yang ditambahkan, seperti bubuk matcha, saus lemon, dan banyak lagi. Sehingga akan membuat rasa dari dessert ini menjadi lebih nikmat.

-Advertisement-

Bahan utama makanan lezat ini adalah keju. Namun variasi keju yang digunakan bermacam-macam. Ada yang menggunakan cottage cheese, cream cheese, bahkan kalau Kamu mempunyai sisa keju cheddar di rumah, Kamu bisa membuatnya sendiri, lho.

Tidak hanya bahannya saja yang bervariasi, namun teknik membuat cheesecake ini juga berbeda – beda. Cheesecake klasik, seperti New York Cheesecake, dibuat dengan teknik tanpa dipanggang, atau biasa disebut dengan No Bake Cheesecake. Membuatnya cukup dengan mencampur semua bahan krim keju dan diletakkan di atas remahan biskuit yang telah dicampur mentega cair. Kemudian campuran tersebut dipadatkan. Jika dirasa sudah padat, masukkan ke dalam lemari pendingin. Teknik ini menghasilkan rasa kue yang lembut dan sangat creamy. Lebih nikmat bila disajikan dingin.

No bake cheesecake
No bake cheesecake (Foto: Taste.com)

Namun, bila Kamu tidak terlalu suka tekstur kue yang creamy, Kamu bisa mencoba Japanese Cotton Cheesecake. Seperti namanya, yang ini dibuat dengan sentuhan Asia. Rasanya lebih ringan dibanding New York Cheesecake. Japanesse Cheesecake ini, sangat lembut dan empuk karena teknik pembuatannya dengan cara au bain marie, yaitu proses mengoven dengan menaruh loyang tambahan untuk air di bawah loyang adonan. Tujuannya agar tidak pecah dan menjaga kadar airnya, sehingga bisa menjadi cake yang lembut dan nikmat tersebut. Sebelum mengeluarkan, pastikan sudah benar-benar dingin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kue menjadi pecah. Makan sepotong saja pasti kurang!

Japanese cotton cheesecake
Japanese cotton cheesecake (Foto: runawayrice.com)

Dessert yang satu ini akan lebih menarik bila ditambahkan dengan topping tambahan, seperti potongan buah sroberi, buah berry, saus stroberi, atau bahkan whipcream. Ditemani dengan minuman hangat, dan tempat yang nyaman, nikmat sekali, bukan?

Baca Juga :  Pepes Ikan Pedas, Masakan Rumahan Yang Nikmat dan Mudah Dibuat

Masih ada banyak lagi variannya yang bisa kita nikmati. Apalagi, sekarang banyak yang menjual berbagai inovasi olahan terbaru dari hidangan pencuci mulut ini, seperti cheesecake lumer, matcha cheesecake, dan beragam cheesecake lainnya. Jadi, yang mana favoritmu?

Kontributor: Khoirunnisa’ Wardhani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.