Baby twin. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Bagi bunda yang menginginkan anak kembar pasti penasaran ciri-ciri kehamilannya. Ciri-ciri hamil anak kembar yang mungkin mudah dikenali adalah ukuran perut bunda tampak lebih besar dari hamil anak tunggal. Namun selain ciri tersebut, ada banyak tanda lain yang perlu bunda kenali jika sedang hamil anak kembar. Apa saja?

1. Peningkatan hormon hCG

Human chorionic gonadotropin atau hCG adalah jenis hormon yang diproduksi oleh plasenta selama masa kehamilan. Meningkatnya produksi hormon hCG bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil kembar.

Secara normal hormon hCG memang akan meningkat, namun pada kondisi hamil kembar hCG akan sangat meningkat. Kadar hCG yang tinggi berakibat mual hebat hingga muntah pada ibu hamil. 

Meski demikian, peningkatan hormon ini tidak selalu mengindikasi adanya janin kembar di dalam kandungan bunda. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh produksi hormon yang bervariasi pada setiap wanita dan bisa meningkat karena faktor lainnya.

Pemeriksaan urine biasa pun tidak dapat digunakan untuk mengetahui seberapa banyak kadar hormon hCG pada tubuh bunda. Sebaiknya, bunda perlu menjalani pemeriksaan darah guna mengetahui jumlah hCG.

Selain itu, pemeriksaan lanjutan juga perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab meningkatnya hormon hCG sekaligus memastikan kalau bunda memang sedang hamil kembar. 

2. Mual yang sangat parah

Ciri-ciri hamil kembar berikutnya adalah gejala mual yang sangat parah. Sebagian ibu hamil mungkin mengalami morning sickness yang disebabkan oleh lonjakan berbagai hormon selama kehamilan, salah satunya hormon hCG.

Pada kehamilan kembar, jumlah hormon ini diduga meningkat berkali-kali lipat sehingga gejala mual bisa semakin parah. Namun, gejala tersebut tidak bisa dijadikan satu-satunya ciri hamil anak kembar karena tidak semua wanita mengalami morning sickness saat hamil.

3. Kenaikan berat badan yang drastis

Jika sejak awal kehamilan, kenaikan berat badan cukup drastis, bisa jadi pertanda kehamilan kembar. Perbedaan berat badan antara hamil bayi kembar dengan hamil normal bisa mencapai 4,5 kilogram (kg) di usia kehamilan yang sama.

4. Merasa sangat lelah

Rasa lelah pada ibu hamil sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi. Namun pada kehamilan kembar, rasa lelah cenderung terasa lebih berat dibanding kehamilan tunggal. Hal ini kemungkinan disebabkan tubuh membutuhkan energi yang lebih besar untuk memenuhi asupan nutrisi bagi dua janin atau lebih dalam kandungan. Selain itu, kandungan juga akan terasa semakin berat seiring perkembangan kehamilan bayi kembar, yang tentunya lebih berat dari kehamilan tunggal.

5. Gerakan janin dini

Gerakan janin dini ini menjadi kontroversial dalam komunitas medis. Beberapa ibu hamil mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki anak kembar merasakan gerakan janin lebih awal dan gerakan ini sering terjadi. Meskipun menjadi kontroversial, beberapa di antaranya meyakini hal ini menjadi ciri hamil anak kembar.

6. Dua detak jantung

Ciri hamil anak kembar lainnya dapat diketahui saat bunda memeriksa kehamilan. Dokter akan memeriksa detak jantung janin. Hal ini dapat terdeteksi di akhir trimester pertama.

Dilansir dari Verywell Family beberapa dokter atau bidan yang berpengalaman biasanya akan mendeteksi beberapa detak jantung yang berbeda.

Untuk lebih memastikan apakah bunda benar-benar memiliki anak kembar, bunda dapat melakukan pemeriksaan USG yang akan menunjukkan adanya lebih dari satu janin dalam kandungan.

7. Perut yang terlihat lebih besar

Pada usia kehamilan yang sama, ukuran perut wanita hamil kembar cenderung akan terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan kehamilan normal. Ini karena terdapat dua janin dalam perut yang sedang berkembang.      

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.