Daftar Presiden-Presiden Amerika Serikat Yang Pernah Gunakan Hak Veto Untuk Lindungi Zionis Israel
Ilustrasi hubungan Amerika dengan Israel (foto: antarapos)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Pada hari Senin (18/12) Amerika Serikat (AS) melalui dubesnya untuk PBB Nikki Haley memveto rancangan resolusi Dewan Kemanan (DK) PBB yang didukung oleh 14 negara anggota DK PBB terkait masalah Yerusalem. Rancangan itu berisi penolakan atas pernyataan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Bahkan Donald Trump mengancam tidak akan lagi memberikan bantuan keuangan keapda negara-negara yang mendukung draft resolusi PBB terkait Yerusalem.

Pembelaan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap pemerintahan zionis Israel bukan pertama kalinya. Selain Trump dalam sejarah tercatat beberapa nama Presiden Amerika Serikat menggunakan hak veto untuk melindungi Israel dari serangan dunia Internasional, di antaranya:

  1. Barack Obama

Amerika Serikat pada masa pemerintahan Barack Obama di tahun 2011 juga pernah melakukan veto untuk melindungi Israel dalam kasus pendudukan Israel di wilayah Palestina. Di tahun 2011 PBB mengecam dan mengatakan bahwa tindakan Zionis Israel yang meduduki wilayah Palestina adalah ilegal.

2. George W Bush

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengecam dan meminta Zionis untuk menghentikan operasi militernya di wilayah Gaza. Namun, Amerika Serikat melakukan veto atas keputusan PBB tersebut pada Nopember tahun 2006. Tidak hanya itu, Bahkan AS pada masa pemerintahan George W Bush tercatat sebanyak sembilan kali melakukan veto untuk melindungi Zionis Israel terkait kasus Palestina di PBB.

Baca Juga :  Gaza Bergejolak, Serangan Udara Zionis Israel Kembali Memakan Korban Warga Palestina

3. Bill Clinton

Presiden Amerika Serikat yang berkuasa selama 9 tahun ini juga pernah melakukan veto terhadap PBB untuk melindungi Israel. Saat itu PBB pada tahun 1997 memerintahkan agar Zionis Israel menghentikan pembangunan pemukiman Yahudinya di wilayah Yerusalem Timur. Tapi kemudian keputusan PBB tersebut diveto oleh Amerika Serikat. Pada masa pemerintahan Clinton ini, Amerika melakukan 3 kali veto untuk melindungi Israel di hadapan PBB.

4. George H. W. Bush

Amerika pada pemerintaahn Presiden George H. W. Bush juga pernah memveto resolusi PBB yang menyesalkan kebijakan dan praktik Zionis Israel di daerah pendudukan pada 7 Nopember 1989.  Selain itu, Amerika juga pada tahun 1990 memveto PBB terkait kasus pembunuhan 7 pekerja Palestina.

5. Ronald Reagen

Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen juga tidak ketinggalan. Ia pernah memveto Perserikatan Bangsa Bangsa pada 14 Desember 1988 terkait serangan Zionis Israel ke daerah Lebanon pada tanggal 9 Desember.

Selain 5 Presiden tersebut masih banyak lagi presiden Amerika Serikat pada zaman pemerintahannya yang ikut andil memveto PBB untuk melindungi Zionis Israel dari dunia Internasional. Bahkan tercatat sejak Amerika Serikat berdiri hingga sampai kepada pemerintahannya Donald Trump di tahun 2017, Amerika Serikat sudah melakukan veto sebanyak 43 kali demi melindungi Zionis Israel dari kecaman dunia internasional.

Baca Juga :  Anies Baswedan: Perjuangan Bangsa Palestina Harus Didukung

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.