Suaramuslim.net – Hujan merupakan salah satu perkara terpenting bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Ia merupakan sebuah prasyarat bagi kelanjutan aktivitas di suatu tempat, tidak hanya manusia, tapi hampir semua makhluk. Dengan hujan, Allah menyuburkan tanaman-tanaman yang dibutuhkan manusia dan semua makhluk yang hidup di bumi, menumbuhkan pepohonan dan buah-buahan serta biji tanaman untuk memberi rezeki kepada umat manusia. Dalam hal ini, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS Qaaf [50] : 9).

Allah telah menurunkan hujan sebagai rahmat di saat diperlukan oleh seluruh makhluk. Allah pula menurunkan hujan agar banyak orang mendapat kegembiraan setelah berbulan-bulan hampir putus asa menunggu. Tidak ada setetes air hujan yang membasahi bumi Indonesia ini kecuali atas kehendak Allah. Ia merupakan rahmat Allah kepada bumi dan seisinya. Selain membawa kebaikan bagi kehidupan, pada musim hujan, berbagai hal yang tidak kita inginkan pun bisa terjadi, seperti banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, petir menyambar, dan angin beliung yang merusak.

Baca Juga :  Musim Hujan, Awas Anak Kena Flu

Berkaitan dengan datangnya musim hujan dan berbagai hal buruk yang mungkin terjadi, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, selain usaha secara manusiawi. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan panduan doa pada musim hujan. Doa sebagai senjata bagi Mukmin (HR Abu Ya’la), dan doa di saat hujan tidak akan tertolak (Mustadrak Hakim). Berikut ini doa-doa ketika hujan sesuai dengan kondisinya:

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.